Pimpinan Daerah dan Cabang Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Brebes Dikukuhkan

Pimpinan Daerah dan Cabang Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Brebes Dikukuhkan

DIKUKUHKAN - PW DMI Provinsi Jateng Ahmad Rofiq mengukuhkan PD DMI Brebes di Gedung Serba Guna Masjid Al Ittihaad Jatibarang, Brebes.-EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (PD dan PC DMI) Kabupaten Brebes Masa Bakti 2024-2029 dikukuhkan. Pengukuhan berlangsung hikmat di Gedung Serba Guna Masjid Al Ittihaad Jatibarang, Brebes, kemarin.

Pengukuhan berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Tengah Nomor. 28/S-KEP/PW-DMI/Jateng/VI/2024 Tentang Struktur Organisasi Pengurus dan Personalia PD DMI Kabupaten Brebes Masa Bakti Tahun 2024-2029.

BACA JUGA:Pj Bupati Brebes Lepas Puluhan Kontingen Porsenitas dan Porda Jateng

PW DMI Provinsi Jateng Ahmad Rofiq menyampaikan selamat kepada PD DMI Kabupaten Brebes yang baru saja dikukuhkan. Katanya, beberapa hari yang lalu beritanya sudah beredar di media-media sosial terkait dengan pengukuhan pimpinan dan pengurus DMI Kabupaten Brebes. Apalagi, nanti setelah digelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) akan semakin membahana beritanya.

Memang mantap DMI Brebes, karena pengurus pimpinan cabang seluruhnya sudah terbentuk di 17 kecamatan dan akan dibentuk Pimpinan Ranting DMI di 297 desa dan kelurahan. “Saya mewakili PW DMI Jateng mengucapkan selamat pada PD dan PC DMI Kabupaten Brebes yang baru saja dikukuhkan, selamat bertugas dan selamat bekerja,” ujar Rofiq.

Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kesra dan SDM Supriyadi menyampaikan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan terkait upaya pemberdayaan masjid.

Karena secara faktual, peran masjid di wilayah kita pada umumnya masih sebatas tempat ibadah. Fungsi-fungsi potensial yang sebenarnya dapat dilakukan masjid seperti pemberdayaan ekonomi atau proses pendidikan, belum dikembangkan dengan secara baik dan optimal.

Dia menjelaskan, kedudukan masjid tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah ritual semata. Tetapi, lebih dari itu, masjid telah dijadikan sebagai tempat pengembangan potensi-potensi yang dimiliki umat.

“Saya sungguh berharap kiprah DMI Kabupaten Brebes nantinya akan bisa bersanding, bersama-sama dengan pemerintah kabupaten Brebes juga elemen masyarakat lainnya untuk berpikir, memiliki program dan langkah nyata untuk menjadikan masjid bisa berperan secara ideal,” jelasnya.

Masyarakat yang berada di lingkungan masjid pun harus diajak untuk mau berperan dan berkiprah seperti halnya pengurus DMI. Warga tidak semata-mata hanya memiliki kewajiban untuk membantu pembangunan masjid saja, tetapi jauh lebih penting dari itu, warga memiliki komitmen untuk senantiasa memakmurkan masjid.

BACA JUGA:Puncak Harganas, Realisasi KB Gratis Kabupaten Brebes Targetkan Sejuta Akseptor

“Harapan saya, semoga saudara-saudara dapat bekerja optimal, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas selama menjadi pengurus DMI,” ungkapnya.

Semua agenda Rakerda juga hendaknya dijalankan dengan penuh keterbukaan dan kebersamaan. Koordinasi yang baik antar anggota pengurus dan seluruh pihak terkait menjadi kunci keberhasilan dalam mengimplementasikan program-program yang telah direncanakan. Terlebih, ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mengevaluasi capaian-capaian dari masa bakti sebelumnya dan merumuskan langkah-langkah strategis ke depan.

“Saya yakin PD DMI Kabupaten Brebes akan semakin solid dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan umat serta masyarakat Kabupaten Brebes secara luas,” pungkasnya.

Tampak hadir Pengurus Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Jawa Tengah, Penjabat Bupati Brebes yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kesra dan SDM, Kepala Kantor Kementerian Agama Brebes Abdul Wahab, Ketua MUI Kabupaten Brebes, BAZNAS Brebes, Ketua PCNU, Fatayat NU, Pengurus PD dan PC DMI Brebes serta peserta Rapat Kerja Daerah DMI Kabupaten Brebes. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: