Simak Rahasia Agar Merek AC Terbaik Anda Awet, Dingin Maksimal Sepanjang Tahun

Simak Rahasia Agar Merek AC Terbaik Anda Awet, Dingin Maksimal Sepanjang Tahun

cara merawat merk ac terbaik agar awet dan dingin maksimal-evrim ertik-istockphoto

3. Pengaturan Suhu

BACA JUGA : 7 Merek AC Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Musim Kemarau

Hindari menyetel ac dengan suhu dibawah 20 derajat celcius, selain mengkonsumsi energi yang tinggi juga dapat merusak kompresor ac. Mengingat Indonesia memiliki iklim tropis, maka mendingingkan ruangan hingga 16 derajat saat siang hari bisa membebani kinerja ac.

Jika anda menyetel suhu ac dibawah 20 derajat secara terus – menerus maka kompresor akan bekerja keras tanpa henti. Dan akan menyebabkan kelelahan serta kerusakan karena kurangnya istirahat pada kompresor.

Aturlah suhu ac yang ideal sekitar 22 – 27 derajat celcius, suhu ini cukup memberikan kesejukan yang nyaman tanpa harus membebani kompresor ac. Dan membantu ac untuk beristirahat serta lebih hemat mengkonsumsi energi listrik.

4. Letakkan Outdoor AC di Tempat yang Tepat

Penempatan outdoor ac juga menjadi faktor penting dalam menjaga keawetan ac dan memaksimalkan performanya. Pastikan anda meletakkan outdoor ac pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan terlindungi dari hujan.

Hal tersebut bisa mengakibatkan outdoor ac cepat berkarat dan kusam, serta beresiko mengalami overheat atau kepanasan. Jika terjadi overheat maka efisiensi pendinginan akan berkurang dan umur ac juga tentunya akan berkurang.

5. Lakukan Vaccum Sistem

Ketika merek AC terbaik baru dipasang sebaiknya lakukan vacum sistem dahulu. Meski terlihat sepele, namun ini menjadi bagian dari SOP yang harus dilakukan saat pemasangan ac baru maupun bekas, terutama untuk jenis refrigerant R32 dan R410a.

Proses vacum sistem berfungsi untuk menghilangkan sisa udara yang ada di dalam sistem agar kompresor bisa bekerja lebih optimal. Selian itu dengan melakukan proses ini juga bisa mendeteksi adanya kebocoran pada instalasi ac atau mencegah pendinginan yang tidak merata.

Idealnya,vacum sistem ini dilakukan selama 15 – 30 menit untuk memastikan semua udara dan kelembapan terbuang dengan sempurna. Dengan begitu ac akan bekerja dengan maksimal serta umur ac yang lebih panjang.

BACA JUGA : Jangan Abaikan, Berikut Pedoman Pemasangan Merek AC Terbaik Split Wall, Wajib Kamu Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: