Simak Rahasia Agar Merek AC Terbaik Anda Awet, Dingin Maksimal Sepanjang Tahun

Simak Rahasia Agar Merek AC Terbaik Anda Awet, Dingin Maksimal Sepanjang Tahun

cara merawat merk ac terbaik agar awet dan dingin maksimal-evrim ertik-istockphoto

DISWAY JOGJA - Disaat cuaca panas seperti ini, merek AC terbaik sepertinya tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari – hari. Apalagi, bagi kita yang tinggal di iklim tropis tentu sangat membutuhkan barang elektronik tersebut.

Ketika suhu meningkat, kehadiran merek AC terbaik benar – benar sangat memberikan kenyamanan di ruangan. Namun, ac yang digunakan secara terus – menerus juga berisiko mengalami kerusakan.

Karena itu penting untuk anda mengetahui apa saja yang bisa merusak merek AC terbaik anda di rumah. Hal tersebut dapat mencegah ac mengalami kerusakan yang fatal, sehingga ac berfungsi dengan optimal, awet, dan dingin maksimal.

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah agar merek AC terbaik yang anda miliki tetap awet. Simak langkah – langkahnya:

1. Rutin Mencuci AC

Langkah awal untuk menjaga ac tetap awet dan dingin maksimal yaitu dengan rutin mencucinya setiap 3 – 5 bulan sekali. Dianalogikan dengan tubuh manusia, nah ac yang kotor ibarat tubuh yang terserang demam.

BACA JUGA : 5 Pilihan Rekomendasi Merek AC Terbaik Changhong Untuk Ruangan Kerja Anda

Dan ketika ac dalam kondisi kotor, debu menumpuk di filter serta komponen yang lainnya tentu bisa menghambat aliran udara. Akibatnya, ac harus bekerja lebih keras serta dapat menyebabkan taguhan listrik meningkat.

Juga bisa memperpendek umur ac karena terjadinya overheat, jika hal tersebut terjadi maka memerlukan biaya lebih untuk memperbaikinya atau bisa jadi malah mengalami kefatalan. Karena itu menjaga kebersihan ac dengan rutin sangat penting dilakukan.

2. Pilihlah Ukuran AC yang Tepat

Sebelum anda membeli ac, penting untuk mengukur ruangan dan menentukan PK yang tepat untuk kamar anda. Pilihlah jenis ac yang sesuai agar tidak terjadi masalah kurang dingin atau bahkan pemborosan listrik.

Misalnya yaitu jika ruangan anda membutuhkan setidaknya 1 PK, sedangkan anda menggunakan ac ½ PK. Maka merek AC terbaik tersebut akan terus bekerja dengan keras tanpa istirahat untuk mencapai suhu yang dibutuhkan ruangan anda.

Kondisi ini bisa menyebabkan ac kurang efektif dan optimal dalam memberikan kesejukan pada ruangan. Juga membuat kompressor bekerja tanpa jeda dan kepanasan dan bisa mengakibatkan jebol serta tagihan listrik yang membengkak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: