Kebakaran Hanguskan Ruko Penjual Bakso di Bumiayu Brebes, Diduga di Tinggal Pemilik ke Pasar

Kebakaran Hanguskan Ruko Penjual Bakso di Bumiayu Brebes, Diduga di Tinggal Pemilik ke Pasar

PADAMKAN- Petugas berupaya memadamkan api yang membakar bangunan kios di sekitaran pasar wage Bumiayu.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Kebakaran melalap satu bangunan yang dijadikan sebagai tempat usaha penjualan bakso yang berada di Jalan Jendral Sudirman (Pasar wage) wilayah Dulij Munggang, RT 06 RW 05, Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Sabtu, 29 Juni 2024, sekitar pukul 05.39 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Namun api yang diduga berasal dari nyala kompor sempat menjilat ke dua bangunan ruko lain yang ada di sampingnya.

BACA JUGA:Ditinggal Ke Sawah, Tiga Rumah di Desa Sidamulya Tegal Kebakaran

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, kebakaran kali pertama diketahui oleh Sigit, salah seorang warga yang melihat api sudah terlihat membakar bagian belakang kios tersebut.

"Api terlihat dari bagian dapur kios, sementara saat itu tidak terlihat pemilik yang biasa ada disini," kata Sigit.

Dirinya lantas memberitahukan kondisi itu kepada Anan, pemilik kios plastik yang berada di samping kios bakso. Sementara pemilik kios bakso sendiri tidak terlihat berada di lokasi.

"Padahal api semakin membesar, membakar isi perabotan yang ada di dalam kios bakso. Saya sendiri berusaha menyelamatkan barang-barang sebisanya," ungkap Anan.

Belakangan diketahui, pemilik kios bakso sedang tidak ada di tempat usahanya. Dia meninggalkan kiosnya untuk menggiling bakso di pasar. Sementara api menyala pada kompor yang digunakan untuk memasak kaldu bakso.

Warga lantas melaporkan kejadian tersebut ke Pos Pemadam Kebakaran Bumiayu, yang dapat ke lokasi bersama dengan satu unit truk tangki air BPBD Brebes Pos AJU Bumiayu.

Petugas berupaya memadamkan api yang mulai menjalar ke dua bangunan lain yakni toko plastik dan juga toko ikan hias. Langkah tersebut berhasil melokalisir nyala api hingga tidak berdampak pada kerusakan lebih parah.

BACA JUGA:Ludes, Truk Boks Paket Kebakaran di Jalan Tol Pemalang KM 306

Hanya saja, perabotan di dalam kios bakso dan juga beberapa komponen bangunan di tiga kios mengalami kerusakan. Masing-masing kios bakso Remaja milik Hani warga Taraban Kecamatan Paguyangan, kios penjual kantong plastik milik Anan warga Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu dan kios penjual ikan hias milik Dwi warga Buaran, Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.00 WIB, dilanjutkan proses pendinginan oleh petugas. Kapolsek Bumiayu, AKP Kasam membenarkan terjadinya insiden kebakaran kios bakso tersebut. Anggota Polsek Bumiayu yang tiba di lokasi melakukan pengamanan lokasi kejadian dan meminta keterangan sejumlah pihak terkait. Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah api dari kompor yang ditinggalkan oleh pemilik kios.

"Penyelidikan lebih lanjut kita lakukan, guna mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran," jelas Kapolsek. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: