Perhatikan Fungsi dan Cara Kerja Fuse Pada Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu

Perhatikan Fungsi dan Cara Kerja Fuse Pada Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu

Fungsi dan Cara Kerja Fuse Pada Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu--Google.com

BACA JUGA : Kulkas Terbaik Dengan Sistem Pendinginan Bagus, Simak Ulasan Berikut Yang Perlu Diperhatikan

Jika thermo defrost mendeteksi bahwa suhu freezer sangat rendah, sekitar -13°C, timer defrost akan mengirimkan listrik ke pemanas defrost untuk memanaskan area freezer dan mencegah pembentukan es.

Dalam kondisi normal, aliran listrik ke pemanas akan terputus saat suhu freezer mulai naik karena adanya sensor thermo defrost yang mendeteksi suhu yang cukup.

Namun, jika terjadi masalah pada thermostat atau sensor thermo defrost, kenaikan suhu pada pemanas akan terus berlanjut.

Ketika suhu pemanas mencapai 70°C, thermo fuse akan memutuskan aliran listrik ke pemanas, sehingga mencegah peningkatan suhu yang berlebihan.

Secara sederhana, fungsi thermo fuse pada kulkas 2 pintu adalah sebagai pengaman untuk mencegah kerusakan akibat masalah pada thermostat atau sensor thermo defrost.

BACA JUGA : Kulkas Terbaik Side by Side Dengan Kombinasi Gaya dan Fungsi, Simak Selangkapnya

Memastikan Fuse pada Kulkas 2 Pintu Berfungsi

Fuse pada merek kulkas terbaik tidak memiliki opsi untuk di-reset setelah terbakar. Oleh karena itu, jika fuse sudah tidak berfungsi, elemen ini perlu diganti. Penggantian harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan.

Untuk memeriksa apakah thermofuse masih beroperasi, metodenya cukup sederhana. Anda bisa menggunakan multimeter dengan langkah-langkah berikut:

1. Sambungkan ujung kanan multimeter ke sisi kanan fuse.

2. Sambungkan ujung kiri multimeter ke sisi kiri fuse.

3. Jika jarum penunjuk tidak bergerak, itu menandakan bahwa komponen tersebut perlu diganti.

Kerusakan fuse pada kulkas dua pintu terkadang dapat diidentifikasi melalui kinerja kulkas. Dalam banyak kasus, kegagalan elemen ini akan menyebabkan kulkas tidak berfungsi dengan baik.

BACA JUGA : 10 Tips Meningkatkan Kinerja Kulkas Terbaik Agar Makanan Lebih Segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: