Jelajahi Keindahan Wisata Terbaru 2024 Seputar Jogja, Tebing Breksi Tampilkan Keseruan Estetik

Jelajahi Keindahan Wisata Terbaru 2024 Seputar Jogja, Tebing Breksi Tampilkan Keseruan Estetik

Jelajahi Keindahan Wisata Seputar Jogja Tebing Breksi di Yogyakarta, Sajikan Keseruan Tersendiri--

DISWAY JOGJA - Salah satu destinasi wisata terbaru 2024 seputar Jogja Tebing Breksi yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Desa Lengkong Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Kawasan wisata terbaru 2024 seputar Jogja Tebing Breksi ini berada di sebelah selatan Candi Prambanan dan dekat dengan Candi Ijo serta kompleks Candi Keraton Ratu Boko. Jaraknya sekitar 17 km dari pusat Kota Yogyakarta, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Sebelum menjadi tempat wisata wisata terbaru 2024 seputar Jogja Tebing Breksi adalah endapan abu vulkanik Gunung Api Purba yang dulunya menjadi bekas pertambangan batu alam. Sekarang, tebing ini dihiasi ukiran berbagai tema pada dinding-dinding tebing, seperti ukiran wayang dan naga raksasa.

Untuk masuk ke wisata terbaru 2024 seputar Jogja Tebing Breksi, wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000. Sementara untuk menggunakan fasilitas spot foto, cukup membayar dana sukarela.

BACA JUGA : Jelajahi 10 Wisata Terbaru 2024 Tersembunyi Semarang, Rekomendasi Destinasi Jarang Orang Tahu

Sejarah Tebing Breksi

Sebelum menjadi tempat wisata, Tebing Breksi merupakan lokasi penambangan batuan alam untuk bahan dekorasi bangunan. Namun, sejak tahun 2014, pemerintah menutup kegiatan penambangan tersebut.

Berdasarkan kajian yang menyatakan bahwa batuan di lokasi ini berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Akibatnya, lokasi penambangan ini ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan lagi untuk kegiatan penambangan.

Transformasi Menjadi Destinasi Wisata

Setelah penutupan aktivitas tambang, masyarakat setempat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi destinasi wisata terbaru 2024. Pada tanggal 30 Mei 2015, Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan wisata seputar Jogja Tebing Breksi sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta.

Tebing Breksi memiliki pesona tersendiri yang membuatnya populer dan menarik untuk dikunjungi. Beberapa seniman lokal telah memberikan sentuhan artistik pada dinding tebing.

BACA JUGA : Menyusuri Pesona Tersembunyi Bali, 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Paling Estetik

Dengan ukiran-ukiran seni berbentuk relief dan patung dari cerita pewayangan. Seperti pahatan Arjuna membunuh Buto Cakil, pahatan naga dengan mahkotanya, dan pahatan patung Semar.

Daya Tarik Tebing Breksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ halojogja