HANI 2024 : BNN Ajak Semua Unsur Masyarakat Bersama Melawan Narkoba, Wujudkan Indonesia Bersinar

HANI 2024 : BNN Ajak Semua Unsur Masyarakat Bersama Melawan Narkoba, Wujudkan Indonesia Bersinar

VIRTUAL - Pj Wali Kota Tegal dan Kepala BNNK Tegal bersama jajaran Forkompinda mengikuti peringatan HANI 2024 secara virtual di ruang Diskominfo, Rabu (26/6).-Syamsul Falaq/ RATEG-

TEGAL, DISWAY JOGJA - Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional 2024, Badan Nartoktika Nasional mengajak semua unsur masyarakat bergerak bersama melawan narkoba. Tujuannya, mewujudkan Indonesia Bersih Dari Narkoba yang selalu diperingati tanggal 26 Juni setiap tahun.

Komitmen itu, terungkap saat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Tegal bersama BNNK Tegal mengikuti kegiatan secara daring Peringatan HANI yang berlangsung di SKA Convention and Exhibition Pekanbaru, Riau, pada Rabu (26/6) bertempat di ruang Comand Room Kantor Kominfo Kota Tegal. 

Peringatan HANI Tahun 2024 yang digelar, merupakan bentuk keprihatinan terhadap permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Sebab, jumlah kasus narkoba cenderung meningkat setiap tahunnya sekaligua jadi momentum khusus. 

Yakni, berkontemplasi terhadap berbagai kebijakan dan langkah penanganan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang telah dilakukan selama ini, baik dalam lingkup nasional maupun global.

BACA JUGA : Perluas Jangkauan Desa Bersih dari Narkoba, Kabupaten Brebes Jadi Target BNNK Tegal

Kepala BNN Kota Tegal Nasrudin dalam kesempatan tersebut menjelaskan, pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Tegal, Pemerintah Kabupaten Tegal, Pemerintah Kabupaten Brebes.

Termasuk, para pimpinan lembaga daerah atas sinergitas yang sudah terjalin dengan sangat baik di tiga daerah. Khususnya, terkait dengan penanggulangan permasalahan Narkotika. 

"Melalui momen HANI, kami tidak henti - hentinya mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk peduli dan terus berperan aktif dalam pencegahan dan pemberantasan permasalahan Narkotika," terangnya.

Sangat memprihatinkan, lanjut Nasrudin, ketika kita semua melihat dengan realita bahwa angka penyalahgunaan narkotika terus melonjak. Sehingga, melalui momentum HANI 2024 harus menjadi dasar menggelorakan perang melawan narkoba guna mewujudkan Indonesia Bersinar.

BACA JUGA : Meriahkan HANI 2024, 20 Finalis Siap Bersaing Raih Juara Duta Anti Narkoba BNN Kota Tegal

Sementara itu, PJ Wali Kota Tegal Dadang Somantri menegaskan, ancaman peredaran narkotika di masyarakat harus kita lawan bersama. Menurutnya, momentum HANI pihaknya juga berterima kasih kepada Forkopimda yang sudah berkolaborasi dalam rangka pemberantasan peredaran narkotika. 

Beberapa ungkap kasus dan upaya yang sudah dilakukan, harapannya mampu menjaga masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya dari ancaman Narkotika. 

Data global saat ini, menunjukkan penyalahguna narkotika telah mencapai angka 296 juta jiwa. Jumlah itu, naik sebesar 12 juta jiwa jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka ini mewakili 5,8% penduduk dunia yang berusia 15-64 tahun. 

Sedangkan, hasil survei nasional prevalensi penyalahgunaan narkotika tahun 2023 menunjukkan angka prevalensi sebesar 1,73% atau setara dengan 3,3 juta penduduk Indonesia yang berusia 15-64 tahun. Data tersebut, juga menunjukkan adanya peningkatan penyalahgunaan narkotika secara signifikan pada kalangan kelompok umur 15-24 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: