Pahami Sebelum Membeli Pendingin Ruangan, 6 Cara Memilih Merek AC Terbaik Tahun 2024

Pahami Sebelum Membeli Pendingin Ruangan, 6 Cara Memilih Merek AC Terbaik Tahun 2024

Freepik - Untuk memilih AC terbaik yang tepat--

DISWAY JOGJA - Merek Pendingin udara (air conditioning) terbaik sudah menjadi kebutuhan penting di berbagai rumah tangga di Indonesia, terutama di daerah panas dan lembab.

Untuk memilih merek AC terbaik yang tepat, Anda tidak hanya harus memperhatikan keterjangkauannya, tetapi juga mempertimbangkan efisiensi energi, daya tahan, dan fitur-fiturnya.

Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih merek AC terbaik untuk rumah Anda, agar distribusi udara dingin tetap optimal dan konsumsi daya  tetap stabil.

Memperkenalkan enam panduan  memilih merek AC terbaik untuk menunjang gaya hidup sehat.

1. Mempertimbangkan Fitur Tambahan

Tips yang pertama cara memilih AC Terbaik adalah, beberapa model AC terbaru memiliki fungsi tambahan yang meningkatkan kenyamanan dan efisiensi.

Perangkat ini dilengkapi dengan mode hemat daya, pengaturan timer, dan kendali jarak jauh, serta filter udara yang dapat dikunci. Upaya mengoptimalkan penggunaan AC dan menghemat daya didukung oleh fitur-fitur tersebut.

2. Membandingkan Harga dan Ulasan

Langkah selanjutnya cara memilih AC terbaik adalah membandingkan harga berbagai merk dan model AC setelah menentukan spesifikasi yang Anda butuhkan.

Daripada hanya berusaha mendapatkan harga rendah, pertimbangkan masukan pelanggan saat berbelanja untuk memastikan kualitas dan keandalan produk. Di situs belanja online dan forum diskusi, pengguna AC sering kali memberikan ulasan yang jujur ​​dan komprehensif.

3. Menentukan Kapasitas AC yang Dibutuhkan Diruangan Anda

Langkah berikutnya cara memilih merek AC terbaik adalah pengukuran kapasitas AC dilakukan dengan menggunakan BTU. Ruangan yang lebih besar menghasilkan BTU yang lebih tinggi. Nah Untuk kamar tidur, AC dengan kapasitas 5.000 hingga 7.000 BTU sudah mencukupi.

Jika Anda memiliki ruang tamu yang luas, Anda mungkin memerlukan AC dengan kapasitas 10.000 BTU atau lebih. Dengan memilih kapasitas yang tepat, AC Anda tidak perlu bekerja  keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga akan menghemat tagihan listrik Anda. Juga memperhitungkan PK AC. Pasangan daya digunakan untuk menyatakan kapasitas AC.

Ukuran ruangan bertambah seiring dengan kebutuhan kapasitas PK yang lebih banyak. Sistem AC standar dengan 0,5 hingga 1 PK biasanya memadai untuk area kecil, seperti kamar tidur. Ruangan yang besar, seperti ruang tamu, mungkin memerlukan AC dengan kapasitas 2 PK atau lebih.

Dengan menentukan kapasitas yang tepat, Anda dapat mengurangi biaya energi karena AC tidak perlu mendinginkan ruangan dengan tingkat intensitas yang sama.

4. Wajib Memperhatikan Biaya Instalasi dan Perawatan

Biaya pemasangan dan pemeliharaan bukan satu-satunya biaya yang terkait dengan AC. Anda dapat menemukan toko yang menawarkan layanan pemasangan tanpa biaya atau biaya apa pun. Periksa biaya tambahan ini sebelum melakukan pembelian.

Berhati-hatilah dengan biaya tambahan ini saat melakukan pembelian. Pertimbangkan untuk memilih AC terbaik yang mudah dirawat untuk tujuan jangka panjang guna menghindari biaya perbaikan yang mahal.

5.  Wajib Pilih AC Dengan Efisiensi Energi Tinggi

Memilih merek AC terbaik yang paling hemat energi untuk rumah Anda sangatlah penting.
Biasanya AC dengan nilai EER (Energy Efficiency Ratio) yang tinggi  lebih hemat energi. Biaya awal akan sedikit lebih tinggi, namun tagihan listrik yang lebih rendah akan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang. Dapatkan AC yang telah disertifikasi Energy Star, yang menunjukkan bahwa unit tersebut sangat efisien.

6. Mengecek Terlebih Dulu Promo dan Diskon AC

Menemukan diskon dan penawaran khusus untuk AC Anda adalah salah satu cara untuk mendapatkan penawaran terbaik. Selama musim panas, hari libur, dan hari libur besar seperti Black Friday, banyak toko elektronik menawarkan diskon dan paket promosi. Silakan manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan AC berkualitas dengan harga  lebih murah.

Tips Memaksimalkan Penggunaan AC di Ruangan Anda

1. Menggunakan Tirai Atau Gorden

Jika Anda menutup jendela dengan gorden atau tirai, Anda akan terhindar dari masuknya hawa panas dari luar, jadi jangan menyalakan AC sepanjang waktu.

2. Menggunakan Timer Atau Mode Hemat Energi

Tip kedua untuk mendapatkan hasil maksimal dari AC Anda adalah dengan menggunakan pengatur waktu AC atau mode hemat daya untuk mengurangi konsumsi daya saat Anda bepergian.

3. Patikan Ruangan Anda Tertutup Rapat

Dengan menutup pintu dan jendela saat AC ruangan aktif, cara ketiga dapat digunakan untuk mencegah masuknya udara dingin dan panas.

4. Atur Suhu Ruangan dengan Bijak

Mempertahankan kisaran suhu nyaman 24 hingga 26 derajat Celcius merupakan cara keempat untuk memanfaatkan AC ruangan Anda secara optimal. Ini membantu menghemat energi.

5. Bersihkan Filter AC Secara Rutin

Tips terakhir untuk mendapatkan hasil maksimal dari AC ruangan Anda adalah filter yang kotor dapat membuat AC Anda menjadi kurang efisien.
Mengganti filter secara teratur dianjurkan oleh pabrikannya, baik melalui pembersihan atau penggantian.

Nah itu saja mungkin yang saya bisa jelaskan mengenai cara memilih merek AC terbaik di tahun 2024 dan cara memaksimalkan AC agar tetap awet. Oke baik Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: