Perbaikan Tujuh Ruas Jalan di DIY Dimulai dari Sleman Hingga Gunung Kidul

Perbaikan Tujuh Ruas Jalan di DIY Dimulai dari Sleman Hingga Gunung Kidul

Perbaikan ruas jalan di DIY sudah dimulai.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Pemerintah daerah (Pemda) DIY tahun ini akan memperbaiki tujuh ruas jalan, Ketujuh ruas jalan itu dimulai dari di Sleman, Bantul dan Gunung Kidul. Hal itu dikatakan Kepala DPUPESDM DIY Anna Rina Herbranti.

Ketujuh ruas jala yang menjadi prioritas perbaikan untuk saat ini, meliputi Jalan Godean sepanjang 1,5 kilometer, Jalan Kaliurang sepanjang 1,65 kilometer, ruas Jalan Demakijo-Kebonagung I sepanjang 1,5 kilometer.

Selain itu, ruas Jalan Klangon-Tempel sepanjang 1,5 kilometer, ruas Jalan pengganti Hargomulyo-Watugajah sepanjang 2,5 kilometer. Selanjutnya ruas Jalan Prambanan-Gayamharjo sepanjang 0.4 kilometer dan ruas Jalan Imogiri-Dodogan sepanjang 1,5 kilometer.

BACA JUGA:Pemda DIY Perbaiki Tujuh Ruas Jalan, Godean Sleman Jadi Fokus Utama

“Total ada tujuh ruas jalan yang rencananya kami rehabilitasi tahun ini. Untuk jenis kerusakan berbeda-beda setiap wilayah,” ujarnya.

Anna menuturkan, perbaikan terfokus pada ruas jalan prioritas. Khususnya yang menjadi penghubung antar wilayah. Kaitannya adalah perputaran ekonomi melalui beragam komoditas.

“Kalau panjang jalan provinsi di DIY ada di angka 674.585 kilometer. Untuk perbaikan jalan rusak terfokus di ruas jalan prioritas. Tahun ini 7 ruas jalan dan targetnya selesai akhir tahun agar bisa membantu aktivitas dan konektivitas wilayah,” katanya.

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUP-ESDM DIY, Wira Sasongko Putro mengatakan, perbaikan jalan Godean tidak hanya sepanjang 1,5 kilometer, tapi mencapai 7,5 kilometer. Panjang ini membentang dari Pasar Godean hingga Jembatan Kebon Agung 1 atau Jembatan Ngapak.

Namun untuk saat ini, untuk tahap awal, perbaikan sepanjang 1,5 kilometer. 1,5 Km ini membentang dari Jembatan Sumber Rejo 2 hingga SPBU Sidorejo.

“Panjang jalan dari Pasar Godean hingga Jembatan Kebon Agung 1 atau Jembatan Ngapak kurang lebih 7,5 kilometer. Penanganan kami di tahun ini sepanjang 1,5 kilometer dimulai dari Jembatan Sumber Rejo 2 sampai SPBU Sidorejo,” jelas Wira.

BACA JUGA:Pemda DIY Segera Perbaiki Ruas Jalan Rusak di Godean Sleman

Meskipun baru 1,5 Km, tapi ruas jalan Godean ini akan diperbaiki sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sudah masuk pada penganggaran di tahun 2025. Wira juga telah berkoordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DIY. Targetnya adalah perbaikan ruas jalan sepanjang 6 kilometer.

“Sisa 6 kilometer sudah diusulkan untuk dapat ditangani di TA 2025. Untuk skema anggaran dan sumber dana masih menjadi pembahasan kami dengan TAPD DIY, tentunya dengan mempertimbangkan ketersediaan fiskal Pemda DIY,” katanya.

Perbaikan jalan saat ini, adalah rehabilitasi. Tepatnya berupa pengerasan jalan dan pelebaran jalan menuju standar. Acuannya adalah 7 meter untuk lebar ruas jalannya, dengan kelengkapan drainase.

“Ruas jalan yang kami tangani saat ini belum sepenuhnya memiliki drainase yang memadai, sehingga perlu difasilitasi drainase. Wujud antisipasi kerusakan ruas jalan juga ketika hujan,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: