7 Tips Meningkatkan Kinerja Merek AC Terbaik Secara Cerdas

7 Tips Meningkatkan Kinerja Merek AC Terbaik Secara Cerdas

Tips Meningkatkan Kinerja Merek AC Terbaik Secara Cerdas-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Saat musim kemarau, kamu pasti membutuhkan penyeimbang temperatur supaya tidak merasa gerah ketika berada di dalam rumah. Untuk itu, kamu perlu mengetahui tips meningkatkan kinerja merek AC terbaik secara cerdas, agar menghasilkan keseimbangan suhu dengan maksimal sekaligus bisa menghemat energi dan pengeluaran.

Seiring berjalannya waktu, enggunaan merek AC terbaik pasti akan menyebabkan kinerjanya terus menurun.

Oleh sebab itu, bagi pengguna AC penting untuk selalu merawat merek AC terbaik agar awet dan tahan lama.

Perawatan merek AC terbaik bisa dilakukan dengan cara melakukan pembersihan secara berkala, mulai dari unit kompresor/kondensor maupun evaporator-nya. Perawatan yang  paling mudah untuk dilakukan tanpa harus memanggil teknisi AC yaitu membersihkan filter pada evaporator AC. Kamu bisa melakukannya secara rutin tiap 3 bulan sekali.

Penggunaan merek AC terbaik yang efisien dapat memberikan beberapa manfaat, seperti kinerja AC yang maksimal, daya tahan unit hingga waktu yang lama, dan penghematan energi sekaligus pengeluaran biaya bulanan.

Berikut 7 tips meningkatkan kinerja merek AC terbaik secara cerdas :

1. Sediakan Termometer

Kamu mungkin membutuhkan termometer untuk melakukan pengecekan pada suhu udara. Termometer memungkinkan kamu untuk mengetahui kinerja AC apakah normal atau tidak.

Harusnya, termometer menunjukkan angka yang sama dengan temperatur pada remot AC. Jika tidak, mungkin ada masalah yang terjadi pada mesin AC.

2. Perhatikan beberapa hal ini ketika Menyalakan AC

Setiap AC membutuhkan proses yang bertahap untuk mendinginkan ruangan. Oleh karena itu, jangan langsung mengatur AC di suhu yang paling rendah, karena tidak akan membuat ruangan kamu jadi dingin dengan instan. Sebaiknya atur temperatur awal di 25 derajat saat pertama kali kamu menyalakan AC.

Jika kurang dingin, turunkan secara perlahan setelah AC nyala sekitar 10 menit. Hal ini juga berlaku saat kamu ingin menaikkan suhu ruangan. Apabila kebetulan kamu tidak sengaja memencet tombol off di remot AC, tunggu dulu beberapa menit sebelum menyalakan ACkembali.

3. Efisiensi Energi

Unit AC membutuhkan energi listrik yang cukup besar untuk penggunaannya. Maka jangan heran apabila banyak orang yang mengeluh soal tagihan listriknya yang melonjak setelah memasang AC di rumahnya. Padahal, hal tersebut dapat disiasati dengan cara mengatur penggunaannya yang paling efisien.

Cara paling mudah untuk menghemat energi penggunaan AC yaitu dengan mengatur suhu yang terendah di suhu 24 derajat. Suhu tersebut sudah cukup dingin dan tidak perlu menyerap daya listrik yang berlebihan. Sebaiknya jangan terlalu sering mengatur suhu di bawah 24 derajat supaya pengeluaran bulanan kamu jadi lebih hemat.

BACA JUGA : 9 Tips Mengatasi Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Beku Dan Penyebabnya

4. Atur Mode Otomatis

Unit AC biasanya dilengkapi dengan mode-mode khusus untuk efisiensi penggunaannya. Kamu bisa gunakan mode dry supaya kelembapan dan temperatur ruangan bisa tetap terjaga. Atur setelan otomatis mati ketika AC tidak digunakan di jam-jam tertentu, seperti saat pagi hari.

Jangan lupa matikan AC ketika kamu akan keluar rumah. Mungkin kamu perlu memasang sistem termostat terprogram dengan tujuan untuk mengatur suhu ruangan secara otomatis di berbagai kondisi. 

5. Tutup Celah Ruangan Ber-AC

Di ruangan yang ber-AC, pintu harus selalu tertutup dengan rapat saat AC dinyalakan. Hal ini untuk menghindari AC bekerja terlalu keras dalam menstabilkan suhu ruangan, karena terus menerus terkena hawa panas dari luar ruangan. Usahakan jangan terlalu sering keluar masuk ruangan ber-AC untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

6. Tutup Tirai Jendela

Saat siang hari, kamu menyalakan AC jangan biarkan sinar matahari masuk melalui jendela rumah kamu. Karena hal itu akan menguras kinerja AC. Sebab sinar matahari mempunyai panas yang cukup untuk meningkatkan suhu di dalam ruangan. Oleh karena itu, saat kamu menyalakan AC, kamu juga harus memastikan bahwa jendela sudah tertutup dari sinar matahari.

BACA JUGA : Tips Membuat Merek AC Terbaik Kamu Cepat Dingin, Simak Informasi Lengkapnya

7. Jaga Kebersihan Ruangan

Ruangan ber-AC juga  perlu untuk dibersihkan secara berkala. Sebab, debu yang bertebaran bisa masuk dan mengotori unit AC yang lama-kelamaan bisa mempengaruhi kinerj AC. Oleh karena itu, kamu harus menjadwalkan agenda membersihkan ruangan yang ber-AC, terutama di bagian-bagian yang rentan terkena debu.

Itulah beberapa tips meningkatkan kinerja merek AC terbaik secara cerdas. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: