Rahasia Jaga Kesejukan Makanan, Berikut 7 Cara Merawat Kulkas Tetap Awet Efisien

Rahasia Jaga Kesejukan Makanan, Berikut 7 Cara Merawat Kulkas Tetap Awet Efisien

Cara merawat kulkas agar awet dan tahan lama--

DISWAY JOGJA - Kulkas menjadi salah satu perangkat penting dalam rumah tangga modern. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa menyimban banyak makanan agar segar dan tetap awet.

Namun, Kulkas sendiri membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap awet dan efisien. Tentunya sangat berpengaruh untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman yang Anda simpan.

Dalam perawatan kulkas, kamu juga jangan asal-asalan agar tidak terjadi kesalahan. Makanya perlu tips atau cara merawat kulkas yang baik dan benar.

Nah, biar kamu nggak salah dalam merawat barang elektronik yang seperti ini. Berikut adalah cara merawat kulkas yang tepat agar tetap dingin dan awet:

BACA JUGA : 9 Cara Merawat Kulkas Agar Awet Tetap Dingin, Panduan Praktis Kulkas Lama dan Baru

1. Penggunaan Stopkontak yang Tepat

Cara merawat kulkas yang pertama adalah dengan menggunakan Stopkontak yang tepat. Hal ini penting untuk mencegah risiko kebakaran dan memastikan kulkas mendapatkan pasokan listrik yang stabil.

Jadi, kamu perlu gunakan stopkontak yang kokoh dan tidak dicabangkan dengan perangkat elektronik lainnya. Ini termasuk salah satu langkah penting yang wajib kamu tau.

2. Penanganan saat Mati Listrik

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan penanganan ketika kulkas mengalami pemadaman listrik. Caranya gampang banget, cuma mencabut kabel power kulkas dan tunggu sampai kembali nyala. 

langkah ini sangatlah penting untuk mencegah kerusakan pada mesin. Jadi, sangat membantu banget, untuk mencegah lonjakan listrik yang dapat merusak komponen kulkas.

3. Perawatan Gasket (Karet Pintu)

Karet pintu kulkas adalah bagian yang sering diabaikan namun penting untuk diperhatikan. Jadi, kamu perlu banget secara rutin memriksanya untuk mencegah kebocoran udara.

Karna karet yang rusak bisa menyebabkan kebocoran udara yang dapat menanggu kinerja kulkas.  Jika diperlukan, ganti gasket yang sudah aus atau rusak untuk menjaga keefektifan kulkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ muklis ch