5 Langkah Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Secara Mandiri, Dijamin Menghemat Pengeluaran

5 Langkah Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Secara Mandiri, Dijamin Menghemat Pengeluaran

Langkah mudah membersihkan merek AC terbaik secara mandiri--

Akhiri langkah ini dengan menggunakan lap kering agar air yang mengering tidak meninggalkan noda mengotori penutup AC.

3. Lepas dan Bersihkan Bagian Filter

Untuk melepas bagian filter AC, baca buku petunjuk dan ikuti setiap instruksi yang tertulis di buka panduan, lalu lepaskan dengan hati-hati.

Setelah filter terlepas, bersihkan debu dengan menggunakan mesin pengisap atau kuas kecil. Namun kalau kondisi filter AC tersebut sangat kotor, bisa dicuci dengan sabun cair pencuci piring.

Cuci dengan bersih lalu keringkan dengan menjemurnya di luar rumah sehingga bisa lebih kering maksimal. Langkah terakhir adalah dengan mengelap kembali agar tidak ada sisa air dan debu yang menempel.

BACA JUGA : Inilah Alasan Kamu Beralih ke Merek AC Terbaik Jenis Smart, Simak Keuntungan dan Manfaatnya

4. Bersihkan Bilah Evaporator

Sebelum melakukan pembersihan pada evaporator, pastikan untuk menutupi area lantai dan dinding di dekat AC. Pasalnya, pada tahap ini air kotor akan menetes sehingga akan mengotori lantai dan dinding. 

Setelah itu bersihkan evaporator menggunakan cairan pembersih AC dengan cara menyemprotkannya ke bilah AC agar kumparan evaporator bersih. Ketika melakukan ini harus berhati-hati dan pastikan ketika menyemprot harus tepat sasaran dan tidak komponen bagian dalam AC yang lain.

5. Bersihkan Bagian Unit Outdoor

Langkah terakhir dalam membersihkan merek AC terbaik adalah membersihkan bagian otdoor AC. Pertama bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel pada kisi-kisi pendingin dengan menggunakan kuas.

Kemudian bersihkan dari dalam dengan menggunakan air dengan cara menyiram ke kisi-kisi dari depan tanpa melepas kipas.

Langkah ini harus dilakukan secara hati-hati karena bagian outdoor AC terdapat kompresor yang biasanya dilindungi oleh plat seng.

BACA JUGA : Anda Mau Merek AC Terbaik Bekerja Lebih Efisien, Kenali Cara-Cara Berikut

Ketika menyiram, usahakan untuk memberi tekanan tanpa ragu-ragu karena bagian ini dirancang agar air tidak mudah masuk ke komponen elektronik. Hal ini dimaksudkan agar air bisa meresap ke area yang sulit dijangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: