9 Tips Mudah Merawat Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Ampuh Hilangkan Bau

9 Tips Mudah Merawat Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Ampuh Hilangkan Bau

Tips Mudah Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Bau-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Meninggalkan makanan lama dalam merek kulkas terbaik bisa menyebabkan masalah pada makanan tersebut dan alat itu sendiri. Makanan sisa dianggap bisa menyebabkan risiko tinggi untuk pertumbuhan bakteri.

Saat bakteri tumbuh di wadah makanan atau di bagian dalam merek kulkas terbaik, bakteri akan menghasilkan enzim yang bisa memecah bagian tertentu dari sistem alat pendingin.

Enzim tersebut bisa mengurangi kinerja dan dapat membuat komponen merek kulkas terbaik rusak seiring berjalannya waktu. Hal ini akan membuat tagihan energi lebih besar.

Biaya perawatan merek kulkas terbaik ini juga akan lebih tinggi dan biaya penggantian alat yang rusak di kemudian hari akan cukup merepotkan.

Berikut 9 tips mudah merawat merek kulkas terbaik agar tidak bau :

1. Cabut steker kulkas saat kamu membersihkannya

Kamu dapat melakukan ini dengan mencolokkan kulkas ke stop kontak yang memungkinkan kamu mematikan semua peralatan sekaligus menekan satu tombol, hal ini berguna ketika membersihkan kulkas.

2. Kosongkan kulkas dan freezer

Kosongkan isi kulkas dan freezer sepenuhnya, lepaskan semua rak, laci, dan bagian-bagian yang bisa dilepas.

3. Buang makanan kedaluwarsa

Apabila kamu menyimpan stoples mayones dari bulan lalu namun baunya sudah tidak sedap dan warnanya berubah, kemungkinan besar itu sudah kadaluwarsa. Jika kamu tidak yakin makanan itu masih bagus, lihatlah tanggal kadaluwarsa pada kemasan, hal ini jadi panduan umum toko saat menjual produknya dalam jumlah besar supaya tidak basi sebelum dibeli oleh konsumen. Namun jika terlihat atau baunya sudah aneh, sebaiknya dibuang saja.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Mini, Cocok Untuk Usaha Kecil

4. Bersihkan noda menggunakan handuk basah

Juntuk membersihkan noda, jangan gunakan tisu, tisu disinfektan, ataupun spons, karena hal itu hanya akan meninggalkan serat di semua bagian kulkas. Kamu bisa menggunakan serbet bersih atau kaos bekas lalu bersihkan kotoran yang ada dalam kulkas.

Gunakan sabun lembut untuk membersihkannya jika terlalu kotor, kamu juga bisa gunakan sabun anti bakteri, usahakan tidak memasukkan air ke dalam kulkas karena bisa menyebabkan tumbuhnya jamur bila dibiarkan terlalu lama.

5. Seka kulkas menggunakan larutan soda kue untuk menghilangkan bau tidak sedap

Seka kulkas menggunakan larutan soda kue. Cara membuat larutannya yaitu campurkan 1 sendok makan soda kue dan 1 cangkir air ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Basahi kain dan seka noda pada bagian dalam kulkas menggunakan campuran tersebut.

6. Bersihkan kulkas dengan larutan pemutih dan air

Apabila masih ada bau tidak sedap yang tersisa setelah menyeka kulkas dengan menggunakan larutan soda kue,kamu bisa mencoba dengan menggunakan larutan pemutih dan air.

Campurkan 1/4 cangkir pemutih dan 1/2 cangkir air dalam botol semprot, lalu semprotkan ke dinding, rak, dan laci kulkas. Tunggu sampai mengering selama 30 menit sebelum dibilas dengan air biasa.

7. Gosok kumparan kondensor di bawah kulkas apabila ada bau terbakar

Hindari menggunakan penggosok atau sikat logam karena bisa menggores potongan kecil logam yang bisa tersedot ke dalam sistem pendingin dan berakibat kerusakan, kamu bisa gunakan sikat gigi bekas bila terdapat penumpukan kotoran membandel yang tidak bisa kamu bersihkan dengan cara lain.

BACA JUGA : 9 Cara Merawat Kulkas Agar Awet Tetap Dingin, Panduan Praktis Kulkas Lama dan Baru

8. Angin-anginkan kulkas selama 30 menit

Angin-anginkan kulkas dengan cara membiarkan pintu kulkas terbuka selama 30 menit dan biarkan sampai baunya menghilang. Kamu juga dapat membuka jendela dan gunakan kipas angin untuk meningkatkan ventilasi.

9. Gunakan koran atau bubuk kopi untuk menutupi bau tidak sedap

Menurut American Chemical Society cara terbaik menutupi bau tidak sedap pada kulkas yaitu menggunakan bubuk kopi atau koran. Letakkan beberapa lembar koran di atas bau tidak sedap tersebut dan biarkan di sana selama beberapa hari. Kemudian kamu bisa membuang koran tersebut dan menggantinya dengan lembaran yang baru.

Selain itu, kamu juga bisa menempatkan bubuk kopi di dalam mangkuk terbuka di bawah kulkas untuk membantu menutupi bau tidak sedap yang tersisa. Kuncinya adalah ganti barang-barang tersebut secara teratur, setelah mulai muncul bau tidak sedap, barang-barang ini berarti sudah tidak berfungsi lagi.

Itulah beberaa tips mudah merawat merek kulkas terbaik agar tidak bau. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: