Genjot Realisasi, Penyuluh KB Brebes Digembleng Pencatatan dan Pelaporan

Genjot Realisasi, Penyuluh KB Brebes Digembleng Pencatatan dan Pelaporan

KOMPAK - Peserta rakor RR Fasyankes layanan KB kompak foto bersama narasumber dan pejabat struktural DP3KB Brebes, Senin, 27 Mei 2024.-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA - Puluhan perwakilan koordinator pelayanan dan penyuluh Keluarga Berencana digembleng pencatatan dan pelaporan. Tujuannya, menggenjot realisasi program KB yang terintegrasi dengan sistem Reporting and Recording (RR-red).

Komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar rapat koordinasi registrasi dan register fasyankes sebagai tempat pelayanan KB, Senin, 27 Mei 2024.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Data Lahan Pertanian di Kabupaten Tegal, Balai Penyuluh Pertanian Lakukan Ini

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes Akhmad Ma'mun menyampaikan, fasilitasi Rakor RR Fasyankes mengundang semua koryan/ PLKB se Kabupaten Brebes, RR, dan perwakilan TPMB. Sedangkan, narasumbernya meliputi Kabid Dalduk PP DP3KB, Kabid KBKKK dan bidang koordinator puskesmas Cikeusal Kidul.

"Harapannya, best practice terkait pelaporan dan pencatatan RR ini bisa direalisasikan. Sehingga, capaian pelayanan KB bisa mencapai peringkat 1 se Jateng," ungkapnya saat menutup acara.

Sementara itu, Kabid KBKKK Sopuroh mengatakan, dengan prestasi capaian pelayanan KB dalam HUT IBI Brebes yang berhasil meraih peringkat 4 se Jateng. Bahkan, dengan capaian terbanyak peserta KB di Kecamatan Bantarkawung bisa lebih mendongkrak realisasi KB.

BACA JUGA:Merbabu Park Wisata Terbaru 2024, Destinasi Liburan Keluarga Seru dan Menarik

"Agar kinerja lebih maksimal, pengelolaan pencatatan dan pelaporan pelayanan KB juga disimulasikan langsung Korbid puskesmas Cikeusal kidul herny purwaningsih, beserta paparan alur pencatatan dan pelaporan pelayanan KB," jelasnya.

Kabid Dalduk PP Kambali menambahkan, mekanisme Sistem Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan KB sangat penting. Sebab, target ke depan membutuhkan perluasan akses pelayanan KB. Sehingga, sinergitas dan kolaborasi dengan PC IBI kabupaten Brebes di bawah pimpinan ibu Uji Rahayu bisa menggenjot Peran IBI dalam Pelayanan dan Pelaporan Pelayanan KB. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: