Bikin Awet dan Tetap Segar, Berikut Tips Menyimpan Bahan Makanan Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Bikin Awet dan Tetap Segar, Berikut Tips Menyimpan Bahan Makanan Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama dan Tetap Segar--google.com

DISWAY JOGJA - Menyimpan makanan di kulkas memerlukan perhatian khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Penyimpanan yang tidak benar dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan saat makanan dikonsumsi.

Tujuan umum menyimpan makanan di kulkas adalah untuk memperpanjang masa simpannya. Namun, jika penyimpanannya tidak tepat, makanan dapat terkontaminasi oleh kuman penyakit dan meningkatkan risiko keracunan makanan saat dikonsumsi.

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara yang tepat dalam menyimpan makanan di kulkas agar kualitasnya terjaga dan terhindar dari kontaminasi bakteri.

Berikut tips menyimpan makanan di kulkas agar tetap tahan lama dan segar saat dikonsumsi:

BACA JUGA : Berikut 5 Tips Agar Kulkas Baru Anda Lebih Awet, Dijamin Berumur Lama

1. Bahan Makanan Dalam Keadaan Bersih

Pastikan bahan makanan yang akan dimasukkan ke dalam kulkas sudah dibersihkan dan dipotong sesuai kebutuhan sebelum disimpan.

Ini akan mempermudah Anda dalam mengambil dan menggunakan bahan makanan tersebut di lain waktu. Potongan bahan makanan yang lebih kecil juga membantu dalam proses pendinginan dan penyimpanan yang lebih efisien.

2. Jaga suhu kulkas tetap dingin

Pastikan kulkas tetap pada suhu di bawah 5o C dan freezer minimal pada suhu -18o C untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada makanan.

Pastikan pintu kulkas tertutup rapat dan hindari menumpuk makanan di depan ventilasi udara agar suhu kulkas tetap stabil. Selain menjaga suhu, lakukan juga kebersihan kulkas secara teratur.

Lakukan pembersihan kulkas secara rutin, minimal seminggu sekali, untuk mencegah pertumbuhan kuman di dalamnya yang dapat mengkontaminasi makanan.

BACA JUGA : Jangan Anggap Sepele, Simak Beberapa Ciri Merek Kulkas Terbaik Milikmu Mengalami Kerusakan

3.  Simpan makanan dalam wadah tertutup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: