Bikin Awet dan Tetap Segar, Berikut Tips Menyimpan Bahan Makanan Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Bikin Awet dan Tetap Segar, Berikut Tips Menyimpan Bahan Makanan Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama dan Tetap Segar--google.com

Menyimpan makanan di kulkas menggunakan wadah yang tertutup dapat menjaga kesegarannya dan mencegah kontaminasi oleh kotoran dan bakteri.

Pastikan wadah yang digunakan dalam keadaan baik dan bersih. Jika memilih wadah plastik, disarankan untuk menggunakan yang bebas dari kandungan BPA.

4. Gunakan Wadah Tepat

Pastikan bahan makanan yang akan disimpan di dalam kulkas menggunakan wadah yang tepat, seperti kantong atau kotak sesuai fungsinya. Wadah dari plastik atau kaca lebih disarankan dibandingkan dengan bahan lain yang rentan bocor atau menyebabkan bau.

Pastikan wadah tertutup rapat untuk melindungi makanan dari paparan udara. Jika ingin penyimpanan yang lebih praktis, pertimbangkan untuk menggunakan teknik food prep yang membantu dalam aktivitas memasak di dapur.

BACA JUGA : Bahan Makanan Cepat Basi, Lakukan 7 Tips ini Pada Merek Kulkas Terbaik Milikmu

5. Hindari Menyimpan Masakan Matang

Hindari menyimpan makanan yang sudah dimasak langsung setelah proses pengolahan. Suhu tinggi pada makanan dapat menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu di dalamnya.

Jika hal ini terjadi secara berulang, dapat mengakibatkan kerusakan pada kulkas. Selain itu, peningkatan suhu juga dapat mengaktifkan kembali bakteri dan mikroorganisme, meningkatkan risiko kontaminasi atau pembusukan bahan makanan yang disimpan.

6.  Letakkan daging mentah di rak bagian bawah

Meskipun daging mentah sudah dikemas dalam wadah tertutup atau dibungkus rapat dengan plastik, sebaiknya letakkan daging tersebut di rak bagian bawah kulkas untuk mengurangi risiko menetesnya cairan dari daging ke makanan lainnya.

Untuk menjaga kesegarannya dalam jangka panjang, lebih baik simpan daging mentah di dalam lemari pembeku atau freezer. Penyimpanan di freezer juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat hidup pada suhu kulkas.

Namun, tidak perlu khawatir, karena meskipun dibekukan, proses ini umumnya tidak mengubah nutrisi yang terkandung dalam daging.

BACA JUGA : 9 Tips Merawat Freezer Merek Kulkas Terbaik di Rumah, Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

7. Bungkus buah dan sayur tertentu menggunakan handuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: