Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Dan Membersihkan Merk Kulkas Terbaik Jenis Freezer Agar Tidak Mudah Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik jenis freezer yang kotor dan berantakan bisa mendatangkan masalah besar. Selain akan membuat bakteri lebih mudah untuk berkembang biak, membiarkan freezer tanpa perawatan secara rutin bisa memperpendek masa pakai freezer.

Bahkan, bakteri yang ada dapat menyebabkan merek kulkas terbaik jenis freezer jadi lebih banyak mengkonsumsi daya listrik.

Oleh sebab itu, untuk mencegah kerusakan dan membuat kinerja merek kulkas terbaik jenis freezer tetap optimal dalam jangka waktu yang panjang, kamu perlu mempelajari tips merawat dan membersihkan merk kulkas terbaik jenis freezer dengan baik dan benar agar tidak cepat rusak.

Berikut tips merawat merek kulkas terbaik jenis freezer agar tidak cepat rusak :

1. Cek panduan manual freezer kamu

Freezer tersedia dalam beragam jenis yang berbeda-beda. Freezer kamu mungkin memiliki intruksi perawatan khusus, sehingga kamu perlu mengecek buku panduan manual untuk memahami cara kerjanya.

2. Letakkan freezer di area bersuhu stabil

Perubahan suhu yang cukup ekstrim di bagian luar freezer akan menyebabkan mesin freezer bekerja lebih keras. Olehkarena itu, pastikan kamu untuk menempatkan freezer di area yang memiliki suhu stabil. Perlu diingat bahwa koil kondensor freezer kamu bisa memancarkan panas, sehingga beri ruang yang cukup untuk aliran udara bersirkulasi dengan baik antara freezer dan dinding.

3. Cek suhu freezer dengan rutin

Beberapa merek kulkas terbaik jenis freezer biasanya telah dilengkapi termostat bawaan, yaitu alat untuk mengecek suhu. Tetapi, apabila freezer tidak memiliki termostat, kamu dapat memakai termometer untuk mengecek suhunya dengan rutin.

Suhu freezer yang ideal berada di titik 0° F, jadi apabila kamu menemukan fluktuasi suhu dengan sendirinya, mungkin kamu perlu melakukan pemeriksaan mesin pendingin freezer.

4. Bersihkan dalam freezer dengan rutin

Selalu jaga kebersihan freezer dengan rutin dengan mengikuti beberapa tahapan yang akan dijelaskan berikutnya. Hal ini untuk mencegah bau tidak sedap pada freezer, membasmi bakteri dan kotoran di dalam freezer, dan menjaga kinerja freezer agar tetap optimal.

5. Usahakan agar isi freezer selalu penuh

Untuk performa yang lebih baik, usahakan selalu mengisi freezer dengan makanan, setidaknya hingga setengah dari  kapasitasnya. Hal ini berfungsi untuk menstabilkan suhu dan menjaga konsumsi energi freezer agar tetap rendah, terutama apabila kamu sering membuka tutup pintunya.

Untuk menjaga makanan tetap segar dan dingin setiap hari, maka mesin freezer harus bekerja ekstra setiap harinya. Oleh karena itu, dengan cara membersihkan dan melakukan perawatan preventif dengan teratur bisa membantu menjaga freezer tetap awet, memperpanjang masa pakai freezer, dan meningkatkan efisiensi serta kinerja freezer.

BACA JUGA : 11 Tips Memaksimalkan Kinerja Merek Kulkas Terbaik Agar Lebih Efisien Energi

Berikut cara membersihkan merek kulkas terbaik jenis freezer agar tidak cepat rusak :

1. Matikan freezer dan cuci komponen yang bisa dilepas

Kamu perlu mematikan freezer terlebih dahulu dengan cara mencabut kabel freezer dari stop kontak. Letakkan handuk ataupun koran bekas di bagian bawah freezer untuk menampung air yang menetes.

Keluarkan semua rak, laci, dan komponen lain yang bisa dilepas dari freezer. Sambil menunggu bagian dalam freezer mencair, kamu dapat mencuci seluruh komponen tersebut dengan menggunakan sabun, lalu bilas hingga bersih dan keringkan.

2. Keluarkan semua makanan dari dalam freezer

Apabla kamu menyimpan banyak makanan di dalam freezer, kamu perlu untuk menyingkirkan makanan yang sudah kadaluarsa dan tidak layak untuk dikonsumsi. Jika kamu menemukan kristal es di dalam wadah makanan, hal ini merupakan indikasi bahwa makanan itu sudah terlalu lama disimpan di dalam freezer atau ada kemungkinan makanan terkontaminasi bakteri, sehingga mungkin kamu perlu membuangnya.

3. Bersihkan dalam freezer

Apabila di bagian dalam freezer telah mencair, kamu bisa melakukan pembersihan menggunakan lap yang dibasahi sabun dengan air panas. Gosok seluruh permukaan freezer, bagian pintu dan rak yang tidak dapat dilepas.

Lalu bilas menggunakan lap yang dibasahi air bersih, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bekas sabun yang menempel. Setelah selesai, keringkan seluruh bagian dalam freezer dengan lap kering. Freezer juga biasanya memiliki saluran pembuangan atau tabung drainase yang perlu dicabut lalu bisa kamu keluarkan airnya.

4. Nyalakan freezer dan isi kembali dengan makanan

Apabila freezer sudah selesai dibersihkan, nyalakan freezer kembali dan tunggu suhunya hingga mencapai 0° F. Setelah itu, isi ulang freezer dengan makanan yang sempat dikeluarkan.

Itulah beberapa tips merawat dan membersihkan merek kulkas terbaik jenis freezer agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: