5 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Kinerjanya Tetap Optimal dan Awet

5 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Kinerjanya Tetap Optimal dan Awet

5 Tips Merawat Merk AC Terbaik Agar Tetap Optimal dan Awet--iStockphoto

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek AC Terbaik Bocor dan Solusinya, Jangan Dibiarkan Terlalu Lama Karena Berbahaya

3. Pastikan Rutin Ganti Freon

Beberapa orang seringkali tidak menyadari kalau freon habis sehingga tidak menggantinya. Padahal freon menjadi komponen bahan AC yang penting agar udara yang dihasilkan bisa tetap segar dan sejuk.

Jika kamu tidak rutin mengecek dan mengganti freon pada pendingin ruangan kamu maka akan mempengaruhi kondisi AC kamu. 

Apabila freon bocor juga dapat mempengaruhi kesehatan orang-orang yang ada di dalamnya serta tentu bisa memungkinkan AC cepat rusak.

Oleh karena itu, kamu penting untuk selalu mengecek dan melakukan penggantian freon dengan bantuan teknisi AC yang sudah profesional.

4. Jauhkan Unit Outdoor dari Sinar Matahari Langsung

Unit outdoor yang terkena panas sinar matahari bisa mempengaruhi udara yang dihasilkan oleh AC didalam ruangan dan juga dapat mempengaruhi kinerja merek AC terbaik.

Makan dari itu, jika unit outdoor kamu berada di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung, maka segera diberikan terpal atau diteduhkan dengan tanaman rindang.

Pasalnya, jika suhunya tinggi unit outdoor juga akan bekerja terlalu ekstra agar dapat menyesuaikan suhu tentu supaya suhu udara yang dihasilkan bisa lebih rendah suhunya.

Nah, jika hal ini terus-terusan terjadi tanpa kamu sadari bisa membuat fungsi outdoor dan AC performanya akan menjadi tidak maksimal.

5. Berikan Waktu Istirahat Pada AC

Asal kamu tahu, bahwa menggunakan AC secara terus-menerus tanpa ada jeda untuk waktu istirahat dapat menurunkan fungsi AC.

Bukan hanya itu, menggunakan AC seharian penuh juga bisa meningkatkan daya dan tentunya dapat boros biaya listrik. Kamu harus pastikan kapan dan perlunya menyalakan AC dan mematikan jika memang tidak digunakan.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Rumahmu Nggak Dingin, Intip Penyebab dan Solusi Lengkapnya Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: