Cegah Tagihan Membengkak, Berikut Tips Penggunaan Merek AC Terbaik dan Benar Agar Hemat Listrik

Cegah Tagihan Membengkak, Berikut Tips Penggunaan Merek AC Terbaik dan Benar Agar Hemat Listrik

Berikut Tips Penggunaan Merk AC Terbaik yang Benar Agar Hemat Listrik--iStockphoto

Sebagian orang berpikir bahwa mematikan AC saat keluar ruangan sebentar lalu menyalakan kembali setelah beberapa menit akan mengirit biaya listrik.

Namun, ternyata salah yang terjadi jika seperti itu maka AC menjadi lebih boros. Pasalnya AC bekerja butuh daya lebih besar lagi untuk membuat kompresor menyala seperti pertama kali.

Bahkan, daya listrik yang dibutuhkan untuk membuat kompresor menyala kembali bisa mencapai 20-30% lebih besar, lho.

Untuk itu, jika kamu ingin meninggalkan ruangan dalam waktu yang sebentar sekitar 15-30 menit sebaiknya biarkan AC terus menyala saja.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Rumahmu Nggak Dingin, Intip Penyebab dan Solusi Lengkapnya Disini

4. Selalu Jaga Kebersihan AC

Tanpa kamu sadari jika rutin membersihkan dan merawat AC dengan benar merupakan salah satu langkah penting untuk memastikan efisiensi penggunaan energi yang lebih optimal.

Karena jika kotoran dan debu menumpuk di dalam filter bisa memungkinkan AC bekerja lebih ekstra dan tentunya bisa meningkatkan konsumsi energi.

Maka dari itu, kamu selalu pastikan untuk merawat dan membersihkan filter AC secara teratur supaya aliran udara yang dihasilkan AC tidak terhambat.

5. Aktifkan Mode Hemat Energi

Saat ini merek AC terbaik modern yang tersedia di pasaran sebagian besar sudah dilengkapi dengan fitur mode energi rendah atau mode hemat energi.

Nah, mode hemat energi inilah yang bisa mengoptimalkan penggunaan energi sehingga bisa memungkinkan mengurangi konsumsi jumlah listrik di rumah kamu. 

Untuk itu, jika kamu menggunakan AC sebaiknya aktifkan mode ini agar efisiensi energi meningkat.

6. Hindari Penggunaan Mode Powerfull

Sebisa mungkin saat kamu menggunakan AC seperti biasa hindari penggunaan mode powerfull, kecuali jika benar-benar mode itu diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: