Cegah Tagihan Membengkak, Berikut Tips Penggunaan Merek AC Terbaik dan Benar Agar Hemat Listrik

Cegah Tagihan Membengkak, Berikut Tips Penggunaan Merek AC Terbaik dan Benar Agar Hemat Listrik

Berikut Tips Penggunaan Merk AC Terbaik yang Benar Agar Hemat Listrik--iStockphoto

DISWAY JOGJA - Saat ini AC merupakah salah satu kebutuhan penting untuk kenyamanan dalam ruangan. Namun, jika kamu salah dalam menggunakan merek AC terbaik bisa mudah rusak dan tentu tidak bisa bertahan lama.

Penggunaan merek AC terbaik yang berlebihan juga bisa meningkatkan konsumsi energi, sehingga akan berdampak pada tagihan listrik yang membengkak.

Untuk menghindari hal tersebut, kini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan membuat merek AC terbaikmu jadi lebih hemat listrik.

Berikut ini beberapa tips penggunaan merek AC terbaik supaya lebih hemat listrik tentunya bisa juga untuk meningkatkan kenyamanan.

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek AC Terbaik Bocor dan Solusinya, Jangan Dibiarkan Terlalu Lama Karena Berbahaya

1. Pilih Ukuran PK AC Sesuai dengan Ruangan

Jika menggunakan AC untuk ruangan kecil menggunakan PK terlalu besar akan mengakibatkan pemborosan listrik. 

Karena semakin besar PK semakin besar pula konsumsi listrik yang dibutuhkan. Jadi, sebaiknya kamu pilih ukuran PK yang sesuai dengan kebutuhan ruangan, ya.

2. Gunakan AC Jenis Inverter

Merek AC terbaik yang sudah berteknologi inverter, biasanya punya kompresor yang memiliki fungsi motor lebih canggih dan fleksibel sehingga dapat menurunkan dan menambahkan beban kompresor dengan otomatis mengikuti situasi di dalam dan diluar ruangan.

Jadi, saat malam hari kompresor bekerja dengan minimum, sementara saat siang hari kompresor akan bekerja normal seperti biasa.

AC jenis inverter memiliki kompresor yang dapat menurunkan daya listrik hingga 30% tergantung kamu memakai AC tersebut. 

Memang, AC jenis inverter ini memiliki harga yang lebih mahal, namun dalam waktu yang lebih lama kamu akan merasakan keuntungan dengan balik modal setelah beberapa bulan pemakaian sebab bisa hemat lsitrik, dengan begitu tagihan listrik kamu pun akan turun.

3. Jangan Mematikan AC Jika Hanya Keluar Sebentar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: