5 Cara Merawat AC Ampuh agar Tetap Sejuk dan Efisien, Yuk Simak Tipsnya

5 Cara Merawat AC Ampuh agar Tetap Sejuk dan Efisien, Yuk Simak Tipsnya

Cara merawat AC agar dingin dan awet--

DISWAY JOGJA - Panasnya cuaca memang sering bikin bete, jadi perlu banget nih alat pendingin ruangan yang bikin nyaman. Nah, AC adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi cuaca panas yang menggangu didalam rumah.

Dengan memiliki AC yang dingin dan awet pastinya bakal bikin kamu makin betah didalam ruangan. Ditambah memiliki teknologi canggih hingga fitur lengkap dan hemat listrik.

Namun, Sebelum tergoda membeli AC baru, pastikan kamu tahu betul kebutuhan PK yang sesuai dengan ukuran ruangan. Kamu Ngga mau kan beli AC yang kegedean atau kekecilan? Selain buat hemat listrik, pilih PK yang tepat juga bisa jaga performa AC.

Tapi ada yang hal penting juga loh, selain bisa mendinginkan ruangan, kamu juga perlu merawatnya. Biar kamu nggak nyesel setelah membeli, yuk ikuti cara merawat AC ini agar peformanya tetap prima!

BACA JUGA : Inilah Cara Merawat AC 1/2 PK Agar Awet dan Performa Tetap Optimal

Cara Merawat AC agar Tetap Dingin dan Awet

1. Pastikan Ruangan Tertutup Rapat sebelum Menyalakan AC

Cara merawat AC yang pertama adalah dengan memastikan ruangan tertutup rapat sebelum dinyalakan. Tips ini terlihat simpel namun penting sekali buat kamu yang memiliki sebuah AC dirumah.

Jadi, jika ruangan terbuka akan menyebabkan udara tidak maksimal, sehingga AC akan bekerja lebih keras. Selain itu, konsumsi energi yang dibutuhkan semakin meningkat, jadi listrik cepat boros.

2. Manfaatkan Fitur Timer untuk Hemat Energi

Cara ini juga sangat membantu para pengguna AC yang mau pergi jauh, namun pas pulang ruangan udah sejuk. Selain itu, kamu juga bisa atur waktu mati, biar bisa hemat listrik tanpa khawatir AC nyala terus selama kamu pergi.

Hal ini termasuk cara merawat AC yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Fitur timer juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur jam-jam tertentu ketika AC akan menyala atau mati secara otomatis.

BACA JUGA : Simak Cara Merawat AC Portable dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet!

3. Jaga Suhu AC dan Pilih Mode yang Tepat

Nah, kalo udah nyalain AC, jangan lupa atur suhu dan pilih mode yang pas. Biasanya, suhu antara 23-27 derajat Celsius udah cukup nyaman, dan pilih mode yang paling dingin biar AC kerja maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ mas yunas