Selama 16 Minggu, 60 Orang Ikuti PKN Tingkat II Angkatan XIII Pemda DIY

Selama 16 Minggu, 60 Orang Ikuti PKN Tingkat II Angkatan XIII Pemda DIY

Sekda DIY Benny Suharsono Bersama Kepala Badan Diklat DIY Chrestina Erni Widyastuti foto Bersama sebelum PKN Tingkat II Angkatan XIII dimulai.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Selama 16 minggu, sebanyak 60 orang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XIII. Kegiatan tersebut digelar di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin, 20 Mei 2024.

Sekda DIY Benny Kepala Badan Diklat DIY Chrestina Erni Widyastuti menyebutkan, PKN ini diikuti 60 orang peserta. Mereka berasal dari dua kementerian berjumlah 3 orang, 1 lembaga non kementerian berjumlah 1 orang, 23 pemerintah daerah berjumlah 56 orang.

BACA JUGA:Pembukaan PKN II, Sekda DIY ; Karakter Kepemimpinan Jadi Penentu Keberhasilan Transformasi Organisasi

Dia menjelaskan, tujuan pelatihan tersebut yakni mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis para peserta yang merupakan kompetensi manajerial pada Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Dimana hal ini akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

“Terkait dengan kurikulum, pada PKN II di sini dibagi di dalam 3 kelompok mata pelatihan. Pertama adalah kelompok mata pelatihan inti, kelompok mata pelatihan dasar, dan kelompok mata pelatihan pilihan. Metode pembelajaran akan dilaksanakan dengan metode blended learning,” tutur Chrestina.

Chrestina menjelaskan, terkait evaluasi pembelajaran untuk mengukur tingkat perolehan kompetensi peserta ini, hasil produk pembelajaran akan dilakukan kegiatan evaluasi peserta. Terdiri dari empat jenis. Pertama evaluasi akademik, kedua evaluasi pembelajaran lapangan, kemudian evaluasi produk aktualisasi kepemimpinan, dan evaluasi sikap perilaku.

BACA JUGA:Halal Bihalal Ndaru, Ajak Lakukan Gerakan Kebangsaan dan Dukung Program Pemerintah

PKN Tingkat II Angkatan XIII dibuka Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono. Dalam pembukannya, Sekda DIY Benny menyampaikan bahwa keberhasilan proses transformasi organisasi sangat dipengaruhi oleh karakter kepemimpinan dan gaya kepemimpinan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: