Puncak Hardiknas 2024 di Kabupaten Tegal, Sekda Pesan Optimalkan Perkembangan TIK

Puncak Hardiknas 2024 di Kabupaten Tegal, Sekda Pesan Optimalkan Perkembangan TIK

APRESIASI - Sekda Amir Makhmud memberi apresiasi capaian prestasi siswa dan Dinas Dikbud di puncak Hardiknas.-HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI -

SLAWI, DISWAYJOGJA - Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud mewakili Pj bupati Tegal memimpin upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Upacara tersebut diikuti perwakilan pelajar tingkat SD hingga SMA serta semua elemen pendidikan yang ada.

Sekda menitip pesan pada satuan pendidikan, baik kepala sekolah,  tenaga pendidik dan kependidikan agar perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan sekolah SD negeri, SMP negeri bisa lebih dioptimalkan untuk meningkatkan mutu dan mengatasi hambatan pendidikan.

BACA JUGA:Peringati Hardiknas 2024, Sekda Jateng: Momentum Tingkatkan Kualitas Pendidikan

”Hal ini penting karena dunia kita sudah dihadapkan pada tantangan era revolusi industri 4.0 yang identik dengan penggunaan cyber-physical systemseperti artificial intelligence, internet of things, 3D printing, robot. Serta mesin-mesin cerdas lainnya yang telah banyak mengubah peri kehidupan kita," ujarnya.

Menurut Amir, percepatan transformasi digital pendidikan melalui digitalisasi sekolah dalam kegiatan belajar dan mengajarnya sudah harus menjadi bagian dari upaya kita menjawab tantangan zaman tersebut, sekaligus mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, selain perangkat teknologi, informasi dan komunikasi harus secepatnya dipenuhi.  

“Penguasaan akan platform digital Merdeka Mengajar, sumber daya sekolah, rapor pendidikan dan manajemen data. Serta infrastruktur juga harus direalisasikan," cetusnya.

BACA JUGA:Peringatan Hardiknas di DIY, TNI hingga Pelajar Lakukan Ziarah ke TMP Wijaya Brata

Puncak upacara Hardiknas diwanai dengan penampilan senam sehat ceria yang dibawakan siswa-siswi SMPN 1 Tarub. Paduan suara MGMP SMP Kabupaten Tegal serta kolosal Ansambul Pelajar Pancasila SMPN 1 Slawi. Di akhir upacara turut diserahkan piagam penghargaan berbagai juara. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: