Wisata Terbaru 2024 Kawah Ijen, Suguhkan Fenomena Blue Fire Yang Memukau, Simak Info Lengkapnya Disini

Wisata Terbaru 2024 Kawah Ijen, Suguhkan Fenomena Blue Fire Yang Memukau, Simak Info Lengkapnya Disini

Wisata Terbaru 2024 Kawah Ijen, Suguhkan Fenomena Blue Fire Yang Memukau-instagram @ammar.salehan-

DISWAY JOGJA - Wisata terbaru 2024 Kawah Ijen merupakan sebuah kawah paling asam terbesar di Dunia dengan warna hijau kebiruan, dan memiliki api berwarna biru. Keindahan kawah Ijen ini terbentuk secara alami yang diakibatkan karena letusan Gunung Ijen yang masih aktif.

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2443 mdpl dan terletak di antara dua kabupaten, yaitu kabupaten Bondowoso dan kabupaten Banyuwangi. Pada tahun 2016, UNESCO menetapkan dan meresmikan Kawah Ijen sebagai salah satu cagar biosfer yang ada di dunia. Hal itu membuat wisata terbaru 2024 Kawah Ijen ini tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga Internasional.

Pesona Wisata Kawah Ijen

Fenomena Blue Fire

Fenomena Blue Fire di wisata terbaru 2024 Kawah Ijen ini merupakan satu di antara dua Blue Fire yang ada di dunia. Fenomena Blue Fire satunya lagi ada di Islandia. Blue fire merupakan api berwarna biru yang muncul karena reaksi gas yang keluar dari gunung belerang dan bercampur dengan oksigen, kemudian menyuguhkan bentuk seperti lidah api berwarna biru. Fenomena blue fire ini dapat dilihat ketika suasana gelap.

Kamu dapat melihat fenomena blue fire ini pada saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan Juli – September, sehingga api berwarna biru yang ditunjukkan akan lebih jelas dan besar. Saat musim kemarau, jalur pendakian cenderung berpasir kering sehingga tidak akan licin. Untuk melihat fenomena blue fire, disarankan kamu berangkat mendaki pada pukul 01.00 pagi untuk menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Fenomena blue fire di wisata terbaru 2024 Kawah Ijen ini mulai mengecil menjelang pukul 05.00 pagi.

Danau Asam Terbesar Di Dunia

Kawah Ijen merupakan sebuah danau air asam terbesar yang ada di dunia dengan warna hijau kebiruan. Memiliki diameter sekitar 700 meter dan luas 5.466 hektar. Tingkat keasaman dari Kawah Ijen bisa mendekati titik nol sehingga mampu melarutkan segala macam benda yang masuk ke dalamnya secara cepat.

Kawah ini terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen yang masih aktif, kemudian terbentuk lekukan besar menjadi sebuah danau. Kedalaman Kawah Ijen mencapai  200 meter dengan volume danau mencapai 36 juta meter kubik.

Kawah Ijen diselimuti kabut dan suhu udara di sekitarnya kisaran 2 derajat Celcius. Di Kawah ini kamu juga bisa melihat beberapa tanaman yang tumbuh hanya di dataran tinggi, seperti tanaman bunga edelweis sampai bunga cemara gunung. Selain itu, ada pohon manisrejo berdaun kemerahan yang terhampar di jalanan menuju ke wisata Kawah Ijen.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 9 Wisata Bernuansa Alam Terbaik Di Banyuwangi, Cocok Untuk Menenangkan Pikiran

Sunsrise di Wisata terbaru 2024 Kawah Ijen

Kawah Ijen bukan hanya tentang fenomena blue fire, tapi juga tentang sunrise yang cantik dan indah dan layak dinikmati di puncak kawah Ijen. Waktu terbaik untuk menikmati sunrise di gunung Ijen ini yaitu pada bulan Agustus, karena pada bulan tersebut posisi matahari tidak terhalang gunung yang ada di Kawah Ijen.

Aktivitas Penambangan Belerang di Kawah Ijen

Di wisata terbaru 2024 Kawah Ijen, kamu bisa menjumpai banyak orang yang mencari nafkah dari pertambangan belerang. Para penambang belerang di kawasan Kawah Ijen mampu mengangkat beban berat mencapai 80 kg - 100 kg, bahkan terkadang bisa lebih.

Jika kamu beruntung dan dapat bercakap akrab dengan penambang, kamu diperbolehkan mencoba mengangkat beban hasil tambang. Penambang di Kawasan Ijen, mampu menuju kawasan tambang bolak balik hingga tiga kali setiap hari.

Fasilitas Wisata Kawah Ijen

Beberapa fasilitas di wisata Kawah Ijen seperti  Warung makanan, toilet, lokasi parkir, persewaan masker, tour guide, taksi lokal / troli, sunrise view point, blue fire view pont, dan oleh-oleh atau souvenir.

Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

- Wisatawan Domestik : Hari Biasa Rp5.000 & Hari Libur Rp7.500
- Wisatawan Mancanegara : Hari Biasa Rp100.000 & Hari Libur Rp150.000
- Parkir Kendaraan : Motor Rp5.000 & Mobil Rp10.000

(Jika kamu membawa kamera atau ingin mengadakan acara pengambilan gambar komersil, maka dikenakan biaya sebesar  Rp10.000.000)

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Di Bondowoso, Simak Alamat Lengkap Dan HTMnya Disini

Tips Wisata ke Kawah Ijen

Beberapa tips yang dapat kamu persiapkan ketika akan berwisata ke Kawah Ijen :

- Pakaian hangat atau jaket gunung.
- Sepatu trekking atau sandal gunung.
- Gunakan tour guide atau pemandu wisata.
- Membawa bekal makanan ringan (cokelat atatau biskuit).
- Siapkan Air minum untuk mengantisipasi dehidrasi.
- Sewa masker khusus dari paltuding atau meminta bantuan ke tour guide.
- Senter atau Headlamp.
- Kamera terbaik untuk mengabadikan momen blue fire.
- Patuhi perintah dari petugas setempat atau rekomendasi dari pengelola wisata.
- Menjaga kebersihan di sekitar tempat wisata.
- Persiapan fisik dengan maksimal sebelum pendakian, karena semua lokasi kebanyakan ditempuh dengan berjalan kaki.

itulah beberapa informasi tentang wisata terbaru 2024 kawah ijen yang menyuguhkan fenomena blue fire memukau. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: