Pemda DIY Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Melakukan Pencegahan Korupsi

Pemda DIY Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Melakukan Pencegahan Korupsi

Pada 2023 hingga periode Oktober, Inspektorat DIY telah melaksanakan pemeriksaan operasional sebanyak 112 Pemeriksaan dengan 310 temuan dan 735 rekomendasi.-DOK.-

DISWAYJOGJA - Kampanye antikorupsi terus dilakukan Pemda DIY sejak dulu. Adanya ajakan KPK kepada seluruh pemerintah daerah dan BUMD untuk berpartisipasi dalam kampanye antikorupsi kepada masyarakat, Pemda DIY tinggal meneruskan.

”Kalau bicara soal kampanye antikorupsi, kami sudah melakukannya sejak dulu. Sudah banyak program dan kegiatan yang kami lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan korupsi,” ungkap Inspektur DIY Muhammad Setiadi, Rabu, 17 April 2024.

BACA JUGA:Hasil Pemeriksaan Inspektorat DIY 2023; Ditemukan 310 Temuan dan 735 Rekomendasi

Menurut Setiadi, Inspektorat DIY selama ini selalu bekerja sama dengan KPK untuk melakukan berbagai macam upaya pencegahan tindak pidana korupsi, baik di lingkungan Pemda DIY maupun di tengah-tengah masyarakat.

Sosialisasi pencegahan korupsi yang dilakukan selama ini menggunakan berbagai kegiatan dan media. Termasuk lewat Penyuluh Antikorupsi Sahabat Integritas Jogja Istimewa (PAK SIJI).

”Berbagai bentuk kampanye antikorupsi ini juga bentuk komitmen Bapak Gubernur dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan berintegritas. Kami dari inspektorat juga cukup sering menjadi narasumber untuk sosialisasi yang sifatnya pencegahan korupsi,” imbuhnya.

Setiadi mengatakan, kampanye antikorupsi yang dilakukan Pemda DIY sifatnya lebih kepada pendidikan dan pencegahan. Meski memiliki pasukan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), yang memiliki wewenang untuk melakukan penindakan, tapi penindakan terbilang belum banyak dilakukan.

BACA JUGA:Pemutakhiran Data Hasil Pemeriksaan Inspektorat DIY Jadi Langkah Krusial Evaluasi Efisiensi Kebijakan

“Saya rasa kesadaran akan pencegahan korupsi di DIY sudah cukup baik. Kami berharap akan semakin baik. Bahkan pada 2023 lalu, Pemda DIY dinobatkan sebagai daerah dengan integritas tertinggi nasional untuk kategori pemerintah kecil dilihat dari jumlah APBD dan SDM,” imbuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: