5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 di Sragen Jawa Tengah, Simak Selengkapnya Disini

5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 di Sragen Jawa Tengah, Simak Selengkapnya Disini

Kedung Grujug-instagram @candupergi-

DISWAY JOGJA - Sragen merupakan slah satu daerah di Jawa Tengah yang kaya akan nilai sejarah dan keindahan alamnya yang memukau. Hal ini menjadikan Sragen memiliki banyak destinasi wisata terbaru 2024.

Dengan kekayaan alam dan kreativitas manusia disana, Sragen memiliki beberapa destinasi wisata terbaru 2024 yang dapat dinikmati, mulai dari wisata pegunungan, wisata air hingga museum.

Selain menyuguhkan keindahan dan keunikkannya, Sragen juga memiliki wisata terbaru 2024 edukasi yang dibuat oleh pembisnis lokal yang inspiratif.

Setiap wisata terbaru 2024 di Sragen Jawa Tengah menyimpan potensi dan daya tariknya tersendiri, sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah ang berkunjung kesini.

Berikut 5 destinasi wisata populer terfavorit di Sragen Jawa Tengah :

1. Kedung Grujug

Wisata alam bernuansa curug terjun di Sragen ini merupakan sebuah curug atau air terjun yang tingginya hanya sekitar 5 meter. Aliran airnya berasal dari sugai, namun jernih dan segar. Di atas air terjun ini terdapat bebatuan yang bisa dipijak dan di bagian dasarnya berupa kolam, pengunjung bisa berenang dan bermain air di sekitar kolam tersebut.

Tempat ini juga banyak didatangi para pemancing, karena saat debit air meningkat, jumlah ikannya melimpah. Pengunjung juga dapat menjaring ikan di pinggir sungai. Pemandangan sekitarnya berupa bebatuan yang terlihat tersusun, karean kawasannya dekat dengan gunung membuat suasana terasa sejuk.

Alamat : Desa Doyong dan Desa Soko, Kec. Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

HTM : GRATIS

2. Ndayu Park

Wisata alam bernuansa wahana air di Sragen ini merupakan waterboom dilengkapi berbagai wahana permainan seru yang terdiri dari ukuran kolam renang yang bervariasi, area outbound, agrowisata, villa, dan kebun binatang mini. Wisata ini bukan hanya tempat wisata rekreasi saja, tetapi juga tempat wisata edukasi yang dapat mendidik khususnya untuk anak-anak, dimana pengunjung juga bisa belajar cara menanam tanaman hidroponik.

Alamat : Gembong, Saradan, Kec. Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

HTM : Rp15.000

BACA JUGA : 8 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Blitar Jawa Timur, Simak Selengkapnya Disini

3. Museum Purbakala Sangiran

Wisata alam bernuansa sejarah di Sragen ini merupakan wisata edukasi tentang kehidupan manusia purba dan beberapa fosil hewan purba. Museum ini memiliki sekitar 12.685 koleksi fosil prasejarah, saking lengkapnya koleksi di museum ini, sehingga dinobatkan sebagai museum terlengkap se-Asia untuk penemuan Situs Arkeologi dan Museum Purbakala Sangiran ini ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya di Dunia.

Di Museum ini terdapat fosil spesies hominid yang sudah punah, yaitu Meganthropus Paleojavanicus. Ada juga fosil manusia Jawa atau Java Man, yaitu Pithecanthropus Erectus. Selain itu, terdapat beberapa fosil dari hewan-hewan yang langka. Di kawasan wisata ini kamu akan menemukan peninggalan sejarah yang berusia 2 juta tahun lalu dan terlihat masuk utuh. Setiap ruangan di Msueum ini dilengkapi dengan pendingin ruangan serta teknologi kekinian.

Alamat : Dukuh Sangiran, Desa Krikilan, Kec.amatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

HTM : Rp8.000

4. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus merupakan wisata alam bernuansa religi yang dipadu dengan wisata keluarga, dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Di kawasan Gunung Kemukus terdapat makam Pangeran Samudro yang menjadi lokasi utama wisata sejarah di sini. Banyak warga lokal yang datang untuk berziarah ke makam Pangeran Samudro. Menurut kepercayaan, aktivitas tersebut dapat mendatangkan rezeki bagi pelakunya.

Di sini terdapat sebuah kuil yang sangat dihormati oleh warga sekitar, khususnya yang menganut agama Buddha. Pemandangan disekitar wisata terbaru 2024 ini berupa pepohonan rindang yang asri, suasananya sejuk, dan panorama alamnya sangat indah. Fasilitas yang tersedia, mulai dari area parkir, toilet, masjid, area kuliner, playground, dan gazebo, serta penerangan yang ditata dengan rapi.

Alamat : Desa Pendem, Kec. Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

HTM : Rp5.000

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Pantai Terindah dan Populer di Blitar, Simak Alamat dan HTMnya Disini

5. Pemandian Air Panas Bayanan

Wisata paling trendi di Sragen ini menawarkan sensasi berendam dan menikmati hangatnya air panas. Lingkungannya masih alami dan sejuk. Kolam air panas di sini mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, serta berbagai macam penyakit lainnya seperti rematik, gatal-gatal, menurunkan kolestrol dan menjaga kebugaran tubuh. Fasilitas di Pemandian Air Panas Bayanan sudah cukup memadai, ditambah dengan adanya taman bermain anak dan hutan wisata.

Alamat : Gamping, Jambeyan, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

HTM : Rp10.000

Itulah beberapa destinasi wisata terbaru 2024 di Sragen Jawa Tegah. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: