5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Kampung Tematik Blitar, Simak Alamat Lengkap dan HTMnya Disini

5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Kampung Tematik Blitar, Simak Alamat Lengkap dan HTMnya Disini

Kampung Afrika-instagram @riia.febriani-

DISWAY JOGJA - Blitar dikenal memiliki banyak wisata terbaru 2024, dari mulai wisata alam, wisata air, wisata sejarah, hingga wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi.

Blitar juga memiliki wisata terbaru 2024 kampung tematik yang tidak hanya kece sebagai spot liburan, tetapi juga menawarkan wisata edukasi.

Di wisata terbaru 2024 kampung tematik di Blitar ini bukan hanya kampung warga yang disulap sedemikian rupa, tetapi  ada juga lahan yang sengaja dijadikan tempat liburan dan menonjolkan sesuatu yang khas.

Daya tarik dan beberapa fasilitas yang disediakan oleh wisata terbaru 2024 kampung tematik di Blitar akan memberikan kesan mendalam bagi setiap pengunjung yang datang.

Berikut 5 tempat wisata favorit terpopuler kampung tematik di Blitar :

1. Kampung Afrika

Wisata alam bernuansa kampung tematik di Blitar ini mengusung nuansa pemukiman suku-suku yang ada di benua Afrika. Mulai dari rumah, patung, hingga tugu. Ornamen-ornamen yang ada disini merupakan buatan lokal.

Selain bisa foto-foto, kamu juga bisa membeli cendera mata seperti jimbe dan topi bulu. Pemandangan sekitarnya dikelilingi pepohonan serta ragam bunga.

Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan seperti,  menari ala Afrika yang dipimpin oleh crew penari, mencoba kostum atau pakaian khas Afrika, dan lain sebagainya. Serta terdapat berbagai wahana permainan yang seru dan menyenangkan, seperti flying fox, panahan, mandi bola, trampoline, dan masih banyak lagi.

Wisata Kampung Afrika juga menyediakan arena painting marakas, dan banyak gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Fasilitas ang tersedia cukup memadai, yaitu area parkir yang luas, taman bunga, mushola, aula mini, spot berfoto, toilet umum, area outbond, dan lain-lain.

Alamat : Jalan Sultan Ageng Tirtoyoso, Dusun Santren, Desa Tanggung, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, Jawa Timur.

HTM : Rp10.000

2. Kampung 3D Bongares

Wisata trending kekinian kampung tematik di Bitar ini menyuguhkan hasil karya berupa gambar-gambar 3D dari seniman lokal yaitu warga sekitar dan Bongares (bocah Ngarep Resort) di Blitar.

Disini terdapat banyak lukisan di dinding rumah dan jalanan yang menimbulkan ilusi optik, antara lain background sayap, dinosaurus, sepeda, akuarium, kolam ikan, papan selancar, karakter Kungfu Panda, kingkong, dan karakter Popeye. Daya tarik dari kawasan wisata ini yaitu lukisan-lukisan 3D, seperti lukisan Pinokio.

Di kampung ini ada sungai biru dengan jembatan batang pohon dan sayap malaikat. Kampung 3D Bongares juga dilengkapi galeri yang menampilkan karya seni dan lukisan yang indah. Ada juga lukisan Bung Karno dengan desain tangan keluar dari lukisan. Kawasan wisata trending andalan 2024 kampung tematik di Blitar ini menjadi tempat berswafoto gratis, yang datang berkunjung kesini sebagian besar adalah anak-anak muda.

Alamat : Jalan Jenderal Sudirman, Kepanjen Lor, Kota Blitar, Jawa Timur.

HTM : GRATIS

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Pantai Terindah dan Populer di Blitar, Simak Alamat dan HTMnya Disini

3. Kampung Nirwana Boclent

Wisata paling kekinian kampung tematik di litar ini dinamakan Kampung Nirwana Boclent (Bocah Klenteng) yang mengusung nuansa klenteng dan Tionghoa. Kampung Nirwana Boclent merupakan kampung wisata kreatif yang memanfaatkan sungai lahar untuk taman dan merubah pemukiman kumuh menjadi bersih, asri,  dan indah.

Di kampung ini pengunjung bisa melihat adanya nilai pluralisme dan toleransi antar masyarakat sejak di gang masuk menuju kampung nirwana boclent, di antaranya adanya berbagai gambar atau mural yang menunjukkan kebudayaan Tionghoa seperti gambar tembok besar Cina, dan ada lampion di sepanjang rute yang memperkental suasana budaya.

Di area kampung Nirwana Boclent yang terletak di pinggir sungai ada miniatur Kabah yang mencerminkan ajaran Islam, miniatur ini berfungsi untuk mewadahi  para pelajar muslim yang ingin berlatih manasik haji.

Alamat : Gang RT 5/RW 2 Kelurahan/Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur.

HTM : Rp3.000

4. Kampung Coklat

Wisata paling hits ini menyuguhkan jajaran perkebunan cokelat yang rimbun dan berbuah lebat yang siap panen. Pengunjung dapat mengetahui proses budidaya kakao yang akan menjadi bahan pembuatan coklat dan proses produksi dari bahan mentah menjadi berbagai olahan coklat.

Kampung Coklat memiliki fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya area parkir yang luas, toilet umum, mushola, galeri coklat sebagai pusat oleh-oleh dengan berbagai produk olahan coklat, arena bermain anak, ruang santai yang luas, terapi ikan, kedai kuliner serba coklat, spot foto yang instagenic, dan cooking class.

Alamat : Jl. Benteng Blorok No. 18, Desa Plosorejo, Kec. Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

HTM : Rp10.000 – Rp20.000

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Paling Populer Blitar, Simak Lokasi dan Info Selengkapnya Disini

5. Kampung Belimbing

Wisata update andalan kampung tematik di Blitar ini menyuguhkan hijaunya pohon dan ranumnya buah Belimbing yang berbuah setiap saat, bahkan hampir di setiap rumah warga terdapat pohon belimbing. Belimbing yang banyak ditanam adalah jenis Bangkok, Ada juga yang dari jenis Philipine.

Di lokasi ini menyediakan sarana edukasi lengkap, kamu bisa memetik buah belimbing sambil menikmati buah ini dengan rasa yang menyegarkan. Selain memetik buah, kamu juga dapat menikmati berbagai olahan dari belimbing seperti manisan belimbing, sari belimbing, dan kerupuk  belimbing.

Alamat : Jalan Jeruk, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur.

HTM : Rp10.000

Itulah beberapa tempat wisata terbaru 2024 kampung tematik di Blitar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: