Ini Dia Rute Wisata Pemandian Alam Selokambang? Tempat Wisata Terbaru 2024 Terpopuler di Lumajang

Ini Dia Rute Wisata Pemandian Alam Selokambang? Tempat Wisata Terbaru 2024 Terpopuler di Lumajang

Wisata Pemandian alam Selokambang--

DISWAY JOGJA- Lumajang menjadi salah satu daerah tujuan yang memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Salah satunya wisata terbaru 2024 Pemandian Alam Selokambang. Sebelum mengunjunginya kamu perlu tahu lokasi dan rutenya lebih dulu.

Salah satu tempat wisata terbaru 2024 yang populer di Lumajang ini banyak dikunjungi untuk berlibur bersama sanak keluarga. Apalagi saat hari libur tiba, wisata ini langsung dipadati pengunjung.

Wisata terbaru 2024 Pemandingan Alam Selokambang ini menawarkan pemandangan alam yang indah, sehingga tidak salah jika tempat wisata ini menajdi populer di Lumajang.

Artikel ini akan membahas terkait rute wisata Pemandian Alam Selokambang, yang menajdi tempat wisata terbaru 2024 yang populer di lumajang. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Beragam Pura Puri di Bali Yang Cantik Bagaikan Putri Salju, Cek Langsung Kuy

Lokasi Pemandian Alam Selokambang

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pemandian Alam Selokambang menawarkan pemandangan alam dengan danau besar yang dapat dijadikan tempat berenang yang menyenangkan. Masyarakat setempat percaya bahwa apabila mandi di pemandian tersebut, maka penyakit yang diderita akan sembuh. Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkan Pemandian Alam Selokambang menjadi tempat terapi air atau hidroterapi.

Nama Selokambang memiliki arti batu terapung. Menurut legenda yang diyakini, pada zaman kerajaan Majapahit ada seseorang yang menyelamatkan diri dari suatu peperangan dan menyembunyikan dirinya di balik batu besar dekat danau.

Dengan bantuan dari seorang pertapa, batu itu pun bergeser dan masuk ke danau. Namun, batu tersebut tidak tenggelam, melainkan terapung. Oleh karena itu, batu tersebut dinamakan dengan batu apung atau selokambang.

Sumber air dari Pemandian Alam Selokambang ini berasal dari mata air asli langsung dari Gunung Semeru. Sehingga air di Pemandian Alam Selokambang ini sangat menyegarkan. Selain itu, daya tarik lain ada pada terapi airnya.

Masyarakat percaya bahwa melakukan hidroterapi rutin di Pemandian Alam Selokambang sebelum matahari terbit dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, rematik, kolesterol tinggi, gatal-gatal, stroke, dan lain-lain. Sehingga banyak wisatawan berkunjung karena ingin merasakan sensasi terapi air di pemandian tersebut.

Tidak hanya sebagai objek wisata terapi, tetapi pengunjung juga akan disuguhkan dengan panorama alam yang memukau dan udara sejuk khas pegunungan. Terdapat pula beberapa pepohonan hijau disekitarnya yang turut menambah keasrian objek wisata ini.

Selain berenang, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana permainan meliputi perahu mini, sepeda air, wahana permainan anak, hingga spot foto.

Terdapat beragam spot foto yang Instagrammable, mulai dari jembatan, patung pesawat, hingga kolam pemandian. Sehingga kamu bisa mengambil foto bersama keluarga atau teman di sana dengan latar belakang yang estetik.

Selain itu, fasilitas yang tersedia di Pemandian Alam Selokambang juga sangat lengkap, seperti area parkir, musala, kamar mandi, warung makan, gazebo, dan lain-lain.

Harga tiket masuk wisata ini sangat terjangkau. Hanya sekitar Rp7.000 untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak pada hari biasa atau weekday. Sedangkan pada akhir pekan (weekend) dan libur nasional maka harga tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang. Untuk jam operasional wisata ini dibuka setiap hari kecuali hari Kamis, mulai pukul 05.00 WIB-17.30 WIB.

BACA JUGA : Sajikan Nuansa Ala Negeri Sakura? Simak Spot Menarik Wisata Terbaru 2024 Little Tokyo Jogja, Cek Selengkapnya

Rute Pemandian Alam Selokambang

Pemandian Alam Selokambang berlokasi di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, jawa Timur. Waktu tempuh dari pusat Kabupaten Lumajang menuju Selokambang adalah sekitar 15 menit dengan jarak tempuh hanya kurang-lebih 8 kilometer (km).

Jika dari Alun-alun Lumajang, maka kamu ambil jalan keluar yang berada di sisi utara Masjid Agung lalu melaju ke arah barat. Kemudian lurus terus sampai bundaran perempatan lampu merah Monumen Adipura, lurus sampai perempatan lampu merah selanjutnya.

Kamu masih harus lurus sejauh 5,2 km atau sekitar 10 menit melaju. Kemudian, akan ada plang penunjuk arah menuju Selokambang. Selanjutnya, belok kanan di arah yang ditunjukkan petunjuk arah itu, sampailah di Pemandian Alam Selokambang.

Itulah rute wisata Pemandian Alam Selokambang, tempat wisata baru yang populer di lumajang untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat. Selamat mencoba. (*).

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Telaga Ngebel? Surga Tersembunyi di Ponorogo Pesonanya Estetik Spot Cantik Buat Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: