8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 di Pulau Sumba, No. 5 Kampung Adatnya Masih Asri dan Terjaga dengan Baik

8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 di Pulau Sumba, No. 5 Kampung Adatnya Masih Asri dan Terjaga dengan Baik

Wisata terbaru 2024 di Pulau Sumba--

DISWAY JOGJA - Keindahan alam Indonesia memang sangat kaya dan tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya Bali yang menjadi daya tarik pariwisata di Indonesia, Nusa Tenggara Timur pun memiliki berbagai wisata terbaru 2024 yang menawarkan keindahan alam mempesona.

Pulau Sumba merupakan satu dari tiga pulau besar yang ada di Nusa Tenggara Timur. Ada banyak destinasi wisata 2024 di pulau ini dan digadang-gadang mampu mengalahkan objek wisata populer seperti Lombok dan Bali.

Berkunjung ke Sumba dapat membuat pengalaman wisata yang berbedadan tidak dapat dilupakan. Pasalnya wisata terbaru 2024 di Sumba menyimpan banyak keseruan dan tempat-tempat eksotis yang dapat di eksplorasi. Selain itu, destinasi wisata di pulau ini masih banyak tempat yang masih jarang dijamah oleh wisatawan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Tanah Sumba? Kepingan Surga Yang Jatuh Ke Bumi, Dengan Hamparan Savana Bikin Betah!

Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 yang ada di Pulau Sumba mulai dari pantai yang eksotis, hingga kampung adat yang masih mempertahankan tradisi leluhur.

1. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri merupakan salah satu wisata terbaru 2024 pantai indah yang terdapat di Kabupaten Sumba Timur dengan ciri khasnya memiliki tanaman mangrove yang sangat indah terutama saat matahari terbenam. Keindahan saat matahari terbenam menjadikan pantai ini sebagai lokasi favorit para wisatawan

Wisata populer kekinian pantai yang satu ini memang tidak menawarkan hamparan pasir lembut seperti pasir-pasir Sumba lainnya. Namun pantai Walakiri memiliki ciri dan keunikannya tersendiri yang justru menjadi pembeda dengan pantai-pantai lainnya di Sumba.

2. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti adalah sebuah area perlindungan flora dan fauna di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Luas taman ini sekitar 880 kilometer persegi dan berada di ketinggian 800 mdpl. Wilayahnya terbagi menjadi 60 persen padang rumput dan 40 persen hutan hujan dataran rendah dan dataran tinggi.

Tempat wisata favorit kekinian di Sumba untuk keluarga ini mewakili berbagai jenis hutan yang ada di Pulau Sumba, termasuk hutan elfin yang sangat langka dan memiliki tingkat keanekaragaman tinggi.

BACA JUGA : Jelajah Negeri Di Atas Awan? Wisata Terbaru 2024 NTT, Banyak Destinasi Surga Tersembunyi Dengan Pesona Estetik

Di sini, kamu dan keluarga dapat menikmati keindahan alam yang tenang sambil didampingi suara berbagai jenis burung yang hidup di kawasan taman nasional.

3. Pantai Padadita

Rekomendasi wisata paling hits lainnya yang ada di Pulau Sumba adalah Pantai Padadita yang terletak di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Wisata paling trending pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Manubara Padadita. Keindahan pantai ini tidak perlu diragukan karena banyak juga wisatawan yang berkunjung kesini.

4. Danau Weekuri

Danau Weekuri merupakan salah satu objek wisata update kekinian andalan dari Pulau Sumba. Hal ini dikarekan Danau Weekuri merupakan salah satu danau air asin yang cukup langka di dunia.

Warna air yang bening kehijauan membuat danau ini menjadi semakin indah. Selain itu, wisata berupa danau ini juga dipenuhi oleh batu karang layaknya di daerah lautan.

5. Kampung Prai Ijing

Salah satu wisata paling trending budaya yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Sumba yaitu Kampung Prai Ijing. Di sana terdapat kampung adat yang masing terjaga kelestariannya. Kampung Praijing menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Desa adat ini dibangun di atas sebuah perbukitan yang masih asri dan dikelilingi dengan pepohonan yang tinggi dan rimbun. Kampung Praijing juga ditetapkan sebagai salah satu situs dengan bebatuan megalitik yang sangat indah dan artistik.

6. Pantai Nihiwatu

Pantai  ini memiliki bentangan pantai yang begitu luas serta dilengkapi dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang berwarna biru dan jernih. Wisata andalan terpopuler Pantai Nihiwatu juga sudah terkenal di telinga wisatawan mancanegara.

Di sekitar pantai terdapat resort dengan fasilitas sangat komplit mulai dari resto, kolam renang, tempat bersantai dan masih banyak lainnya yang membuat kalian yang berkunjung ke Pantai Nihiwatu tak perlu khawatir untuk mencari hotel untuk menginap.

BACA JUGA : Telaga Nirwana? Wisata Terbaru 2024 NTT, Sejuknya Bagaikan Surga Cek Disini!

7. Tanjung Mahera

Terletak di Kabupaten Sumba Timur, wisata update terbaru Tanjung Mareha menawarkan pemandangan alam menakjubkan dengan garis pantai panjang dan formasi bebatuan karang yang unik.

Pengunjung yang datang ke wisata kekinian populer Tanjung Mareha dapat menikmati keindahan air lautnya yang jernih dan berwarna toska. Selain menikmati keindahannya, disini pengunjung juga bisa berenang bahkan melakukan snorkeling atau diving untuk menjelajahi keindahan bawah laut Tanjung Mahera.

8. Pantai Puru Kambera

Pulau Kambera Waingapu atau lebih dikenal dengan Pantai Puru Kambera, memiliki keunikan tersendiri. Selain wisata pantai, Pulau Kambera Waingapu dikenal mirip seperti savana di Afrika.

Jangan heran, jika datang ke tempat wisata favorit andalan ini akan melihat berbagai hewan seperti sapi, kambing, kuda, atau pun babi yang dilepaskan. Sebab memang seperti itulah cara masyarakat setempat berternak hewan. Namun hal ini menambah cantiknya destinasi ini yang dianggap mirip savana Afrika.

Itulah rekomendasi wisata terbaru 2024 yang ada di Pulau Sumba, sangat mengagumkan, bukan? Yuk segera atur jadwal kamu liburan ke pulau ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: