Rasakan Petualangan Seru Destinasi Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta, Petualangan Panjang dengan Modal Hemat

Rasakan Petualangan Seru Destinasi Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta, Petualangan Panjang dengan Modal Hemat

wisata terbaru 2024 di yogyakarta--Dinas Penanaman modal dan perizinan kota yogyakarta

DISWAY JOGJA-Sobat traveler, siapa yang tidak kenal Yogyakarta? Kota Pelajar ini memang selalu menjadi destinasi wisata terbaru 2024 bagi para pelancong di tanah air. Selain kaya akan budaya dan kuliner lezat, Yogyakarta juga dikenal memiliki sejumlah objek wisata alam yang memukau.

Di tahun ini, Yogyakarta kembali memanjakan para pelancong dengan hadirnya sejumlah destinasi wisata terbaru 2024 yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari air terjun tersembunyi, kawasan bukit menawan, wisata edukasi menarik, hingga wisata terbaru 2024 petualangan seru yang menantang adrenalin.

Jadi, segera masukkan rekomendasi 6 destinasi wisata terbaru 2024 di Yogyakarta berikut ini ke dalam daftar liburanmu ya!

1. Air Terjun Gruwawan

Memulai petualangan di Yogyakarta, Air Terjun Gruwawan menjadi destinasi wisata terbaru 2024 pertama yang wajib Anda kunjungi. Berlokasi di Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, air terjun ini masih terbilang belum terlalu banyak diketahui wisatawan sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

Tinggi Air Terjun Gruwawan mencapai sekitar 25 meter dengan aliran jernih yang turun melalui bebatuan tebing berwarna coklat kemerahan, memberikan kesan eksotis yang memukau. Suara gemuruh air yang jatuh juga terdengar sangat menenangkan di kawasan yang masih sangat alami ini.  

Tiket masuk Air Terjun Gruwawan hanya Rp 10.000 per orang. Untuk mencapai lokasinya, Anda harus menempuh jalur trekking turun selama kurang lebih 45 menit dari pintu masuk kawasan. Meski cukup menantang, tetapi pemandangan indah sepanjang jalur trekking akan membuatnya terasa sangat mengasyikkan.

2. Bukit Bintang Mangunan

Yogyakarta juga dikenal memiliki sejumlah bukit yang menawarkan keindahan alam menawan. Di tahun 2024, ada satu destinasi bukit baru yang baru saja dibuka dan wajib untuk dikunjungi, yaitu Bukit Bintang yang berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul.

Meski bukan bukit tertinggi di Yogyakarta, namun Bukit Bintang Mangunan memiliki daya tarik sendiri berupa hamparan ilalang yang membentang luas di area puncaknya. Dari atas sini, Anda bisa mengagumi keindahan lembah dan pegunungan Yogyakarta yang masih sangat asri dan memukau.

Tiket naik ke Bukit Bintang Mangunan dibanderol dengan harga Rp 25.000 per orang. Anda juga bisa mencoba aktivitas menarik seperti menelusuri jalur tracking di area ilalang atau bermain flying fox dengan tambahan biaya tertentu.

3. Kampung Tematik Pojok Baca

Tidak ada yang mengalahkan keindahan menyaksikan matahari terbit dari atas ketinggian. Di Yogyakarta, salah satu destinasi terbaru untuk menikmati sunrise yang memukau sekaligus berwisata edukasi adalah Kampung Tematik Pojok Baca. Berlokasi di Desa Paitan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, tempat ini memiliki ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10 Destinasi Air Terjun Terindah di Banyuwangi Jawa Timur Cek Selengkapnya Disini

Dari atas Kampung Tematik Pojok Baca, Anda bisa mengagumi keindahan lembah dan hamparan pegunungan Yogyakarta yang dikelilingi kabut tipis khas pagi hari. Saat mentari mulai menyingsing, pemandangan itu akan berubah semakin memesona dengan bias cahaya keemasan yang begitu memanjakan mata.

Selain menikmati sunrise, di kawasan kampung ini juga terdapat perpustakaan desa, area membaca outdoor, dan berbagai spot instagramable yang mengusung tema literasi dan cinta buku. Wisata edukatif sekaligus Instagramable yang seru!

Tiket masuk Kampung Tematik Pojok Baca dibanderol Rp 20.000 per orang dengan beragam fasilitas yang ditawarkan.

4. Pusat Studi Goa Kalisuci

Mencari destinasi wisata yang menyenangkan sekaligus edukatif dan penuh petualangan? Pusat Studi Goa Kalisuci bisa menjadi pilihan terbaik di tahun 2024 ini. Berlokasi di Desa Candirejo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, tempat ini baru saja dibuka pada awal tahun 2024 lalu.

Di Pusat Studi Goa Kalisuci yang memiliki area seluas 20 hektar ini, pengunjung dapat berinteraksi langsung dan belajar mengenai proses pembentukan goa kars secara ilmiah. Anda juga bisa mencoba petualangan menjelajahi goa kars alami di bawah bimbingan pemandu berpengalaman.

Tak hanya itu, di kawasan ini juga disediakan wahana petualangan lain seperti flying fox, wall climbing, dan outbound training yang pasti akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Tiket masuk Pusat Studi Goa Kalisuci dibanderol Rp 100.000 per orang dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dicoba.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Penginapan yang Dekat dengan Objek Wisata Terbaru 2024 Garut, Cek Daftarnya Disini

5. Kampung Adventure Gamplong

Setelah puas menjelajahi alam indah Yogyakarta, bagaimana jika mencoba berpetualang dengan berkemah di area pedesaan? Di tahun 2024, baru saja dibuka Kampung Adventure Gamplong yang menawarkan pengalaman camping layaknya "Into The Wild" namun dengan fasilitas memadai.

Berlokasi di Desa Gamplong, Sleman, Anda bisa mendirikan tenda di area persawahan atau perbukitan yang eksotis sambil menikmati asrinya udara pedesaan. Selain berkemah, di tempat ini juga disediakan berbagai aktivitas petualangan seperti berburu hewan liar dengan kamera, bercocok tanam, hingga berkuda keliling pedesaan.  

Tiket berkemah di Kampung Adventure Gamplong dibanderol Rp 150.000 per orang per malamnya. Harga ini sudah termasuk konsumsi selama camping serta fasilitas lain seperti pemandu wisata dan akses ke berbagai aktivitas petualangan di alam pedesaan.

6. De'River Tubing Park

Destinasi terakhir yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta adalah De'River Tubing Park. Merupakan salah satu taman rekreasi tubing terbaru yang baru saja dibuka pada tahun 2024 di kawasan Sungai Progo, Kulon Progo.

BACA JUGA : Rekomendasi 4 Tempat Wisata Terbaru 2024 Bali yang Punya Harga Tiket Murah, Tawarkan Pemandangan Alam Indah

Di De'River Tubing Park ini, tersedia aktivitas menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet atau tubing. Tidak hanya sekedar tubing biasa, tempat ini juga menawarkan tantangan petualangan seru dengan menyusuri sungai yang berkelok-kelok dan menantang adrenalin di beberapa tikungan berbahaya.

Di sini juga disediakan wahana permainan lain seperti flying fox di atas sungai, memancing, area camping, dan lain sebagainya yang bisa Anda nikmati sepuasnya untuk memuaskan rasa petualangan Anda.

Tiket masuk ke De'River Tubing Park dibanderol Rp 150.000 per orang untuk paket tubing saja. Sedangkan untuk menambah wahana lain seperti camping atau flying fox akan ada biaya tambahan terpisah.

Itulah rekomendasi 6 destinasi wisata terbaru 2024 di Yogyakarta yang dijamin akan membuat petualangan liburan Anda semakin seru dan berkesan. Dari air terjun tersembunyi, kawasan bukit menawan, wisata edukasi menarik, hingga berbagai wahana petualangan alam yang mengagumkan. Tak ada alasan lagi untuk tidak segera merencanakan liburan ke Yogyakarta dan mengeksplorasi sejuta pesona wisata terbarunya di tahun 2024 ini! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: