Wisata Terbaru 2024? 10+ Rekomendasi Wisata Air Terjun Terbaik Dan Populer Di Kebumen Jawa Tengah

Wisata Terbaru 2024? 10+ Rekomendasi Wisata Air Terjun Terbaik Dan Populer Di Kebumen Jawa Tengah

Air Terjun Kalicurug-instagram @ilham_maullana-

DISWAY JOGJA - Kebumen adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan banyak potensi wisata terbaru 2024. Selain terkenal dengan pantainya yang cantik, Kebumen juga memiliki banyak wisata curug atau air terjun terbaik dan populer di Kebumen.

wisata terbaru 2024 air terjun atau curug terbaik dan populer di Kebumen memiliki keindahan alam yang menawan, airnya dingin dan jernih, serta terdapat pepohonan yang rimbun karena kebanyakan lokasinya di tengah hutan, sehingga suasananya sejuk dan asri.

Berikut 10+ rekomendasi wisata terbaru 2024 air terjun terbaik dan populer di Kebumen :

1. Curug Sindaro

Curug Sindaro tempat wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Kebumen berupa air terjun bertingkat yang dihiasi pesona alam yang masih sangat asri. Ketinggian Air Terjun Sindaro ini diperkirakan sekitar 30 meter, aliran airnya mengalir langsung menuju sungai yang ada di depannya. Tebing batu Curug Sindaro berwarna hitam pekat, dihiasi tetumbuhan liar di beberapa sisinya.

2. Curug Sudimoro

Curug Sudimoro merupakan sebuah air terjun yang berada di Kecamatan Sempor, Kebumen. Kondisi alam di sekitarnya masih sangat alami, serta udara yang terasa juga sejuk. Ketinggian Air Terjun Sudimoro sekitar 35 meter dan merupakan curug bertingkat yang terdiri dari 3 tingkat. Kondisi airnya tidak begitu deras, dan sangat jernih. Air Terjun Sudimoro dikelilingi lebatnya pohon pinus yang menghiasi pemandangan di sekitar.

3. Air Terjun Kalicurug

Curug ini memiliki ketinggian hanya 15 meter dengan dua undakan air terjun. Di tingkatan kedua kita bisa berendam sambik menikmati segarnya air dengan kedalaman kurang lebih 150 cm. Curug ini berasal dari Sungai Grigak dan tersusun dari batu pasir formasi Penosogan yang sudah terlipat.

4. Curug Silangit

Salah satu tempat wisata air terjun di kebumen yang masih sepi dan sangat exotis, airnya berwarna hijau dan segar, kamu juga bisa berenang di kolam alami. Tempatnya sejuk, dingin, dan pemandangannya memanjakan mata, di sisinya terdapat pepohonon rimbun yang menambah keasrian aliran hijau air terjunya memiliki debit arus yang kuat meskipun musim kemarau.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 12+ Rekomendasi Wisata Pantai Terindah Di Kebumen Jawa Tengah

5. Curug Domas

Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dan memiliki kolam di bawahnya bisa digunakan untuk berenang. Ada banyak bebatuan besar di curug ini yang semakin menambah indah suasana. Air terjun di sini cukup tinggi, deras, jernih dan bertingkat menjadi daya tarik. Terdapat pemandangan pergunungan yang asri.

6. Curug Silancur

Curug ini cukup tinggi, tetapi tidak melebar seperti curug sindaro atau sudimoro. Jika datang ke sini setelah hujan, volume airnya akan banyak dan pemandangan jadi lebih indah.

7. Curug Gemawang

Curug ini memiliki tiga tingkatan dan tidak jauh dari wisata goa petruk dan pantai logending ini memiliki pemadangan cukup menarik. Dinamakan curug gemawang karena diambil dari istilah Jawa yaitu awang yang artinya seperti di awang-awang yang sangat tinggi atau di awan. Di sini juga terdapat saung-saung sebagai sebagai tempat istirahat.

8. Curug Wringin

Selain spot foto, pengunjung biasanya juga mandi di bawah air terjun yang membentuk kolam alami. Di bawah air terjun terdapat kolam alami yang cukup luas dan cukup dalam hingga 4-6 meter. Suasana di sini sangat rimbun dengan pepohonan alami serta pohon bambu.

9. Curug Kedondong

Wisata terbaru 2024 Curug Kedondong merupakan salah sata air terjun terbaik dan populer di Kebumen yang sering menyebut  dengan nama Curug Gunungsari / Curug Butak/ Curug Landung. Untuk air terjunnnya memiliki formasi melebar dengan ketinggian kurang lebih 20m, pemandanganyang sekitar curug sanagt indah, suasanannya tenang, sejuk dan alami terdapat tempat beristirahat seperti gasebo.

10. Curug Karang Gemantung

Curug dengan ketinggian sekitar 15 meter ini letaknya tersembunyi karena berada di rerimbunan pohon pinus yang mengelilinginya. Curug ini tidak terlalu besar dan bagian bawahnya tidak membentuk kedung atau kolam dan cetek. Yang menarik selain curug itu sendiri adalah di sini ada karang-karang yang menjulang tinggi. Pengunjung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian.

BACA JUGA : Selain Pantai, Ini 11+ Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Terbaik Di Kebumen Kuy Simak

11. Curug Sawangan

Lokasi Curug Sawangan tidak jauh dari pantai selatan Kebumen. Air terjun terbaik dan populer di Kebumen ini berasal dari sungai bawah tanah Goa Surupan. Memiliki ketingian sekitar 50 meter, debit air terjun di Kebumen ini selalu desas. Curug ini diapit pepohonan lebat dengan udara sejuk.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 air terjun terbaik dan populer di Kebumen. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: