Wisata terbaru 2024? 10 Wisata Alam Terbaik di Jakarta, Cocok Untuk Menyegarkan Jiwa

Wisata terbaru 2024? 10 Wisata Alam Terbaik di Jakarta, Cocok Untuk Menyegarkan Jiwa

Kepulauan Seribu-instagram @indoindians-

DISWAY JOGJA - Salah satu hal yang jarang ditemukan di Jakarta adalah tempat wisata terbaru 2024 bernuansa alam. Hal ini kerap dibutuhkan masyarakat ibu kota untuk menyegarkan jiwa dan raga setelah penat menjalani aktivitas di hari kerja.

Meskipun sering disebut kota metropolitan yang full dengan bangunan tinggi. Namun, Kota Jakarta masih menyimpan beberapa wisata terbaru 2024 bernuansa alam dengan keindahan yang wajib dikunjungi.

Berikut 10 wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbaik di Jakarta :

1. Hutan Kota Srengseng

Wisata terbaru 2024 Hutan Kota Srengseng ditetapkan sebagai hutan kota lewat Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta nomor 202 tahun 1995. Ada sekitar 4000an pohon rindang di lokasi rekreasi Jakarta ini dengan varietas tanaman sekitar 60an jenis tanaman. Di sini, kamu bisa olah raga, menghirup udara segar, atau mancing di danau yang ada di sana.

2. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang merupakan danau buatan yang cantik. Tempat ini termasuk ruang terbuka biru (RTB) yang ada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dulunya, taman ini adalah waduk Belanda yang menjadi area resapan, namun sekarang disulap Pemda Jakarta sebagai tempat wisata yang terbuka untuk umum.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, mulai dari menikmati keindahan danau nya sekaligus air mancurnya yang cantik, baca buku gratis, hingga disediakan berbagai wahana permainan untuk anak-anak.

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan memiliki luas 147 hektar, 2.000 spesimen binatang, dan ditumbuhi lebih dari 50.000 tanaman. Ditata dalam suasana tropis yang rimbun, hewan seperti buaya, gorila, orang utan, tapir, anoa, harimau sumatera, babirusa, dan burung merak diberi ruang yang cukup luas. Selain itu, di dalamnya terdapat atraksi khusus untuk anak-anak antara lain Children’s Zoo, taman bermain, wahana, serta naik perahu di danau Ragunan.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi di Jakarta Cocok Untuk Ngabuburit

4. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten yang berada di lepas pantai Jakarta. Ada ratusan pulau, kebanyakan tidak berpenghuni, yang banyak menyimpan potensi wisata yang berbeda. Ada pulau yang kaya akan sejarah, yang eksotis, dan pulau yang disulap menjadi resor eksklusif kelas atas.

Kepulauan ini memiliki banyak sekali tujuan wisata yang terpencar di laut Jawa. Untuk mencapainya, kamu bisa memilih beberapa pelabuhan di Jakarta dan Banten. Yang paling populer yaitu Marina Ancol. Sementara itu, beberapa pulau yang paling populer antara lain yaitu Pulau Tidung, Onrust, Pari, Bidadari, dan lain-lain.

5. Taman Suropati

Taman satu ini terlihat asri dengan pepohonan dan begitu rapi karena berlantai paving block. Keindahan taman ini juga bertambah dengan banyaknya  karya seni patung dari negara anggota PBB di Asia Tenggara. Saat siang dan sore hari, taman ini menjadi tempat bersantai penduduk ibu kota.

6. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) atau Taman Miniatur “Indonesia Indah” merupakan tempat rekreasi berbasis budaya yang terletak di Jakarta Timur. Taman ini mencakup sinopsis budaya Indonesia, dengan hampir semua aspek kehidupan sehari-hari di provinsi Indonesia dikemas dalam paviliun terpisah dengan koleksi rumah adat, pakaian, dan lainnya.

Selain itu, terdapat danau dengan miniatur nusantara di tengahnya, kereta gantung, museum, bioskop Imax Keong Emas, teater yang disebut Teater Tanah Airku, dan fasilitas rekreasi lainnya yang menjadikan TMII salah satu tujuan wisata paling populer di Jakarta.

7. Hutan Mangrove Pik

Hutan bakau tersebut berada di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk dan dikelola oleh Pemprov Jakarta. Sebagai sebuah destinasi ekowisata, Hutan Mangrove menyajikan lahan konservasi yang lengkap dengan fasilitas rekreasi. Di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini, kamu bisa keliling hutan mangrove, foto-foto, menikmati sunset, atau naik dayung mengitari hutan bakau PIK.

BACA JUGA : 11 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Curug Di Tegal, Nikmati Libur Lebaran Dengan Berwisata Alam

8. Tanah Tingal

Tanah Tingal merupakan destinasi wisata edukasi di kawasan Ciputat yang difokuskan untuk kegiatan dan aktivitas kreatif serta interaksi dengan alam. Dengan luas area 10 hektar dan dirimbuni pepohonan rindang, destinasi wisata ini juga memberikan suasana alami yang menyejukkan.

Daya tarik alam berupa kebun bunga anggrek, danau, rawa, kebun sayur yang bisa kamu petik dan masak untuk disantap bersama keluarga disana. Kamu juga bisa menikmati rindangnya pepohonan dengan menggunakan sepeda menyusui jalur bersepeda yang disediakan di tempat wisata alam Tanah Tingal ini.

9. Ocean Ecopark

Ocean Ecopark ini merupakan sebuah lapangan golf. Memiliki luas 34 hektar dan dimanfaatkan sebagai lahan terbuka hijau. Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat aneka satwa, ladang-ladang dan wahana permainan yang cocok untuk anak kecil. Serta terdapat pemukiman ala pedesaan mini.

10. Pantai Festival

Pantai Festival yang juga menarik untuk dikunjungi, memiliki pemandangan air yang tenang dipadukan dengan jajaran kapal nelayan, serta latar belakang pencakar langit, menjadi daya tarik dari pantai ini. Karena ombaknya cukup tenang, sehingga pantai ini aman digunakan untuk berenang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam terbaik di Jakarta, cocok untuk menyegarkan jwa. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: