11 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Curug Di Tegal, Nikmati Libur Lebaran Dengan Berwisata Alam

11 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Curug Di Tegal, Nikmati Libur Lebaran Dengan Berwisata Alam

Curug Serwiti-instagram @infotegal-

DISWAY JOGJA - Tegal merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan tempat wisata di Jawa Tengah.  Tegal memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan pemandangan yang indah. Salah satunya yaitu wisata terbaru curug 2024 di Tegal.

Banyak pilihan wisata di Tegal yang layak dikunjungi. Bagi para pecinta petualangan, wisata terbaru 2024 alam sekaligus wisata curug ini akan membuat libur lebaran kamu menyenangkan.

Wisata terbaru 2024 curug di Tegal memiliki ketinggian air terjun bervariasi, airnya dingin dan jernih apalagi kebanyakan lokasinya berada di tengah tengah hutan. Dikelilingi pepohonan yang rimbun sehingga memberikan sensai tersendiri.

Dengan keindahan wisata terbaru 2024 curug atau air terjun dapat membuat pikiran lebih fresh dan tubuh segar kebali. objek wisata curug terbaru di Tegal ini cocok dikunjungi saat libur lebaran bersama keluarga, teman, ataupun kerabat dekat.

Berkut  11 rekomendasi wisata terbaru 2024 curug di Tegal :

BACA JUGA : Wisata Terbau 2024 Di Sudut Semarang? Yuk Intip 7 Curug Hidden Gems Yang Murah dan Mempesona!

1. Curug Jedor

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan yang rimbun. air yang jatuh dari tebing memberikan suasana yang menenangkan dan menyegarkan pikiran. Bagi para pecinta petualangan, Curug Jedor juga menawarkan beberapa kegiatan outdoor yang menarik. Kamu bisa menjelajahi sekitar hutan, melakukan hiking atau trekking untuk menikmati pemandangan yang spektakuler, atau rappelling di tebing sekitar air terjun .

2. Curug Pengantin

Curug ini selalu rame di kunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota. Bisa di katakan ini merupakan air terjun paling terkenal di Tegal. Pemandangan alam curug ini sangat indah dan asri, suasananya sejuk dan bersih. Curug ini dikelilingi oleh batuan cadas seperti tebing yang sangat memukau, terdapat beberapa spot yang bagus untuk foto viewnya yang sangat indah dan menyejukkan mata.

3. Curug Cantel

Curug ini memiliki ketinggian 60 meter, dengan ketinggianya yang menjulang tersebut menjadikannya salah satu curug tertinggi yang ada di Kota Tegal. Curug ini dikelilingi pepohonan hijau yang masih alami. Bebatuan di sekitar curug juga akan menambah kesan eksotis. Untuk dapat menikmati keindahan curug diharuskan untuk tracking sejenak menyusuri sungai yang berbatu licin. Bagi kamu yang suka tantangan pasti akan cocok untuk berkunjung ke wisata Tegal yang satu ini.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Di Tegal Solusi Libur Lebaran Seru

4. Curug Sigeyong

Curug yang satu ini merupakan sebuah curug yang tersembunyi di area pemandian guci. Curug yang satu ini tergolong pendek dan tak terlalu tinggi. Memiliki ketinggian hanya 4 meter saja dan terdapat kolam dangkal untuk bermain air. Dinding batuan itu sendiri membentuk seperti pilar-pila batu yang tertaa rapi. sebuah curug kecil nan eksotis dan masih alami serta asri.

5. Curug Luhur

Curug Luhur  merupakan tempat wisata air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Curug Luhur ini memiliki sumber air yang berasal dari Sungai Gung atau yang dikenal dengan sebutan Kali Gung. Curug Luhur terlihat asri karena memiliki banyak pohon dan tanaman hijau yang merambat di sekitar daerah tersebut.

Ketika arus air terjun di Curug Luhur deras, disarankan untuk tidak berenang di bawah air terjun agar terjamin keselamatannya. Curug Luhur dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai seperti mushola, toilet, kantin, dan spot foto yang menarik.

6. Curug Serwiti

Lokasi air terjun di Tegal ini juga berada berada di kawasan wisata Guci. Menyuguhkan panorama indah memanjakan mata. Terdapat kolam alami di bwah air terjun. Cocok dijadikan pilihan wisata curug untuk libur lebaran.

7. Curug Monyet

Sepanjang perjalanan ke lokasi curug ini, kamu akan melihat pemandangan pepohonan yang hijau dan bila beruntung bisa melihat monyet yang bergelantungan. Curug ini dapat dijadikan spot libur lebaran bersama keluarga. Suasananya sejuk dengan hiasan pepohonan membuat pengunjung merasa damai dan tentram. Kamu bisa menikmati percikan dari air terjun. Namun tidak bisa dipakai untuk berenang.

BACA JUGA : 10 Wisata Terbaru 2024 Di Purwokerto? Rekomendasi Spot Liburan Saat Lebaran, Simak Ulasan Lengkapnya Ini

8. Curug Sibedil

Curug sibedil masih alami dan dikelilingi oleh tumbuhan hijau, airnya bening dan cukup dalam jika ketengah, untuk ketinggian curug sibedil yaitu sekitar 20 meter. Bisa dijadikan untuk tempat berenang tetapi, harus tetap berhati-hati. Kamu juga bisa mencoba loncat dari atas curug. Curug ini juga pernah dijadikan sebagai tempat syuting program acara trans TV yaitu My Trip My Adventure.

9. Curug Jejeg

Curug ini suasananya sejuk, dingin, dan pemandangannya memanjakan mata, di sisinya terdapat hamparan sawah penduduk yang hijau air terjunya memiliki debit arus yang kuat meskipun musim kemarau. Air jernih dengan hawa yang sejuk dan  asri akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

10. Curug Sidok

Curug sidok memiliki air yang jernih. Suasananya sejuk dan adem ayem bisa buat nongkrong. Curug ini tidak terlalu dalam, sehingga kamu bisa berenang di curug ini.

11. Curug Bengkawah

Untuk sampai ke curug ini, kamu harus berjalan kaki sekitar 15 menit di pematang sawah sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Jalannya tidak begitu menanjak, namun cenderung datar dan turun. Suasana curug bengkawah masih asri. Airnya cukup deras, jadi kamu  tidak disarankan untuk mandi disini.

Itulah beberapa rekomendasi wisata curug terbaru di Tegal, nikmati libur lebaranmu degan berwisata alam. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: