4 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi di Tegal yang Cocok Untuk Ngabuburit, Yuk Simak

4 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi di Tegal yang Cocok Untuk Ngabuburit, Yuk Simak

4 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi di Tegal yang Cocok Untuk Ngabuburit-Pantura Talk-google

DISWAY JOGJA - Selain wisata terbaru 2024 alam maupun buatan, Kota Tegal juga memiliki wisata religi yang bisa memberikan ketenangan batin. Wisata religi ini sangat cocok untuk ngabuburit menjelang waktu berbuka.

Kota Tegal dengan kekayaan sejarah dan warisan budayanya, menawarkan serangkaian destinasi wisata terbaru 2024 religi yang layak untuk dikunjungi, terutama saat bulan Ramadhan cocok untuk mengisi waktu ngabuburit.

Destinasi wisata terbaru 2024 religi di Tegal ini kerap menjadi tujuan masyarakat untuk berziarah dan berdoa melalui ulama dan wali Allah terlebih saat bulan Ramadhan.

Apa saja? Berikut rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Tegal yang cocok untuk ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.

BACA JUGA : Yuk Kunjungi Wisata Terbaru 2024 Bandung, Cocok untuk Ngabuburit Bikin Lupa Waktu

1. Makam Amangkurat I

Wisata terbaru 2024 religi di Tegal yang pertama cocok untuk ngabuburit adalah makam Amangkurat. Amangkurat I atau Sri Susuhunan Amangkurat Agung merupakan Raja Kesultanan Mataram pada 1646-1677.

Beliau merupakan putra dari Sultan Agung Hanyokrokusumo dan Ratu Wetan. Dan memiliki nama kecil yaitu Raden Mas Sayyidin. Amangkurat I meninggal dunia pada 13 Juli 1677 di Desa Wanayasa, Banyumas.

Untuk lokasinya makam Amangkurat I berada di Dusun Pakuncen, Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Alasan makamnya di daerah Tegal, karena hal itu berdasarkan wasiatnya yang menginginkan untuk di makamkan didekat gurunya yaitu di Tegal Arum.

Meskipun berada di area pemakaman, suasana disekitar makam terasa rapi dan bersih, jauh dari kesan seram. Dengan dikelilingi tembok bata seluas 1,1 Ha, makam Amangkurat ini menjadi saksi bisu kehidupan Sunan Amangkurat I.

2. Makam Ki Gede Sebayu

Makam Ki Gede Sebayu berada di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Sekitar kurang lebih 100 meter ke utara dari lokasi Bendungan dan Jembatan Gantung Danawarih.

Makam yang dikelilingi tembok putih yang luas ini berada di tengah komplek bangunan. Makamnya dibuat dengan model joglo yang dikelilingi oleh tembok kaca dengan ditutupi dengan tirai putih.

Khususnya ketika menjelang hari jadi Kabupaten dan Kota Tegal, makam Ki Gede Sebayu ini selalu ramai dikunjungi para peziarah, termasuk juga tokoh-tokoh penting seperti Bupati, Walikota, dan sesepuh kota.

BACA JUGA : Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terbaru 2024 Solo yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

3. Makam Suroponolawen

Makam Suroponolawen merupakan tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh peziarah pada hari Jum’at Kliwon Penilitis Wage dan tanggal 6 hingga 12 bulan Maulud.

Makam Suroponolawen terletak di Desa Pagiyanten, Kabupaten Tegal. Pemakaman ini, berbentuk pemakaman abad ke-14 yang menyimpan benda-benda peninggalan Mbah Suro, seperti piring panjang, cangkir, tenong perunggu, dan wayang kayu.

Setiap pada tanggal 8 bulan Maulud, makam ini semakin meriah, seiring dengan peringatan bulan Maulud Nabi dan wafatnya Mbah Suro.

Meskipun lokasinya terbilang agak tersembunyi, tetapi keindahan dan sejarahnya membuatnya layak untuk dikunjungi.

4. Makam Mbah Panggung

Wisata terbaru 2024 religi di Tegal yang terakhir cocok untuk ngabuburit adalah makam Mbah Panggung. Mbah Panggung dengan nama asli Syekh Sayyid Syarif Abdurrohman, merupakan wali yang menyebarkan Islam di Pantura Tegal.

Makam mbah panggung ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari manapun baik dari dalam kota maupun luar Kota Tegal, terutama saat malam jumat kliwon. Setiap tahunnya ratusan bahkan ribuan orang juga turut menghadiri dalam haul Mbah Panggung di bulan Syaban atau Ruwah.

Mbah Panggung juga dikenal dengan ajarannya yaitu Suluk Malang Sumirang dan dua peliharaan anjingnya yang bernama iman dan tokid (asal kota tauhid).

Untuk lokasi makamnya berada di Jalan KH Mukhlas No 5, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

BACA JUGA : Liburan Lebaran di Solo? Inilah 7 Tempat Wisata Terbaru 2024 yang Instagramable

Demikian ulasan tentang rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 religi di Tegal yang cocok kamu kunjungi untuk tempat ngabuburit di bulan Ramadhan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: