7 Menu Takjil Untuk Berbuka Puasa Khas Timur Tengah? Lezatnya Tak Tertandingi, Simak Yuk

7 Menu Takjil Untuk Berbuka Puasa Khas Timur Tengah? Lezatnya Tak Tertandingi, Simak Yuk

Menu Takjil Untuk Berbuka Puasa Khas Timur Tengah--Google.com

JOGJA DISWAY - Sebelum menyantap makanan utama, banyak orang di Timur Tengah memilih untuk menikmati hidangan takjil saat berbuka puasa. Seperti di Indonesia yang terkenal dengan kolak, gorengan, dan sop buah, di Timur Tengah juga memiliki hidangan takjil yang khas.

Tentu, variasi takjil di Timur Tengah tentu sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba dan menjelajahi. Mari kita lihat beberapa menu takjil khas Timur Tengah berikut ini!

1. Kunafa

Menu manis yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa kali ini adalah Kunafa. Biasanya disajikan sebagai pencuci mulut setelah hidangan utama oleh mayoritas masyarakat Arab. Kunafa adalah kue manis yang mengandung keju di dalamnya, dengan tekstur yang renyah dan lembut.

BACA JUGA : Resep Menu Berbuka Puasa Cuma 15 Menit, Praktis, Lezat dan Tetap Sehat!

Meskipun proses pembuatannya bervariasi di tiap negara, secara umum, adonan kunafa dicampur dengan sirup gula, ghee, dan air. Setelah itu, adonan direndam dalam sirup air mawar dan di atasnya diberi taburan parutan keju serta potongan kacang.

2. Kousa Mahshi

Makanan favorit saat berbuka puasa di Mesir adalah Kousa Mahshi. Hidangan ini terdiri dari zucchini, terong, tomat, paprika, atau daun anggur yang diisi dengan nasi yang dicampur dengan potongan daging dan rempah-rempah.

Mahshi umumnya disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai pendamping saat berbuka puasa, terutama saat masih hangat agar rasanya lebih lezat dan nikmat.

3. Sambusa

Jajanan yang cukup terkenal di Timur Tengah adalah Sambusa, yang sering menjadi camilan saat berbuka puasa selama bulan Ramadan. Sambusa, atau juga dikenal sebagai Samosa, merupakan gorengan segitiga yang renyah.

Isinya biasanya berupa daging kambing atau domba yang dicincang, potongan kentang, dan diberi rempah-rempah seperti jahe, cabai, jintan, ketumbar, serta garam masala.

Sambusa sering disajikan dengan sambal yang terbuat dari campuran ketumbar, daun mint, dan chutney dengan cita rasa manis asam. Hidangan ini sangat ideal dinikmati sebagai salah satu pilihan berbuka puasa khas Timur Tengah yang patut dicicipi!

BACA JUGA : 3 Varian Resep Es Campur yang Bisa Anda Coba Untuk Menyemarakkan Menu Berbuka Puasa!

4. Fattoush

Fattoush merupakan sebuah salad yang terdiri dari sayuran segar dan roti pita panggang. Yang membuatnya unik adalah penggunaan sumac, sebuah rempah khas yang sering digunakan dalam masakan khas Timur Tengah, sebagai salah satu bahan utamanya.

Fattoush berasal dari wilayah Levantine di Timur Tengah, mencakup Lebanon dan Suriah. Selain itu, seringkali Fattoush juga diperkaya dengan berbagai tambahan seperti keju, wortel, atau terong panggang.

5. Turkish Delight

Ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari manisan yang biasa? Anda bisa mencoba Turkish Delight, sebuah sajian khas Turki yang terbuat dari gel pati dan gula. Biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil berbentuk kubus atau lonjong.

Turkish Delight juga hadir dalam berbagai warna yang beragam, lengkap dengan taburan gula bubuk agar tidak lengket. Ini menjadi pilihan takjil yang sempurna untuk berbuka puasa.

BACA JUGA : Cobain 5 Kreasi Resep Kolak Anti Mainstream Cocok untuk Menu Buka Puasa Ramadhan Anda!

6. Qatayef

Ingin mencicipi pancake khas Arab? Cobalah Qatayef, sebuah takjil yang populer di Timur Tengah. Berbeda dari pancake biasa, Qatayef memiliki ukuran yang lebih kecil.

Tak hanya itu, Qatayef juga memiliki beragam pilihan isian rasa. Ketika disajikan, pancake ini biasanya dilengkapi dengan krim dan kacang-kacangan sebagai topping.

Untuk memberikan sentuhan rasa yang lebih nikmat, Anda dapat menambahkan madu atau sirup dengan cara menyiraminya, atau ditaburi dengan gula bubuk.

7. Mohalabia

Puding yang populer dari Timur Tengah, khususnya Lebanon, adalah Mohalabia. Terbuat dari campuran tepung beras dan susu. Bagi Anda yang ingin variasi takjil yang berbeda, puding ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk berbuka puasa.

Untuk menyajikan takjil ala Timur Tengah ini, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tepung beras, whipped cream, susu cair, tangkai kayu manis, garam, gula pasir, essence mawar, kacang almond bubuk, dan kacang-kacangan sebagai hiasan.

BACA JUGA : 8 Resep Masakan Dari Telur Untuk Menu Berbuka Puasa, Enak dan Praktis!

Demikianlah beberapa pilihan takjil khas Timur Tengah yang dapat menginspirasi menu berbuka Anda. Apa pun makanannya, penting untuk memperhatikan keseimbangan asupan nutrisi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: