Menjaga Agar Tetap Minum Air Putih Saat Berpuasa? Yes, Tapi Harus Tau Aturannya!

Menjaga Agar Tetap Minum Air Putih Saat Berpuasa? Yes, Tapi Harus Tau Aturannya!

Aturan minum air putih saat berpuasa--pexels.com

Pada saat sahur, usahakan untuk meminum air putih secara teratur dengan jeda waktu 2-3 jam sekali. Dengan begitu, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik saat berpuasa nanti.

2. Hindari minum menjelang imsak

Meskipun dianjurkan minum air putih di waktu sahur, hindari untuk meminumnya terlalu dekat dengan waktu imsak. Usahakan untuk mengakhiri minum air putih sekitar 20-30 menit sebelum imsak tiba agar lambung dalam keadaan kosong saat memasuki waktu puasa.

3. Perhatikan porsi minumnya

Seperti pada saat berbuka, batasi porsi air putih yang Anda minum di waktu sahur. Cukup sekitar 2-3 gelas saja agar tidak merasakan kembung atau tidak nyaman saat berpuasa nanti.

BACA JUGA : 5 Amalan Sunnah Rasulullah saw di Bulan Ramadhan, Yuk Kita Amalkan!

Waktu-waktu yang Dilarang Minum Air Putih

Di samping aturan saat berbuka dan sahur, ada beberapa waktu di mana kita dilarang untuk meminum air putih selama menjalankan puasa. Waktu-waktu tersebut antara lain:

1. Setelah masuk waktu imsak

Setelah masuk waktu imsak hingga waktu berbuka tiba, kita dilarang untuk meminum air putih atau mengonsumsi apapun yang bisa membatalkan puasa.

2. Saat lupa masih berpuasa

Jika kita lupa sedang berpuasa, lalu tanpa sengaja meminum air putih, maka puasa kita menjadi batal. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengingat dan menjaga niat saat berpuasa.

3. Sengaja meminum air putih

Tentu saja, jika kita sengaja meminum air putih atau apapun saat sedang berpuasa, maka puasa kita menjadi batal. Oleh karena itu, hindarilah untuk sengaja mengonsumsi apapun sejak masuk waktu imsak hingga waktu berbuka tiba.

BACA JUGA : Hukum Keramas Saat Sedang Berpuasa, Juga Hal-Hal Lainnya yang Dapat Membatalkan Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: