7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Badan Kamu Tidak Mudah Lelah Saat Berpuasa di Bulan Ramadan!

7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Badan Kamu Tidak Mudah Lelah Saat Berpuasa di Bulan Ramadan!

Hal yang harus diperhatikan agar tidak mudah cape--pexels.com

DISWAY JOGJA-Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang telah baligh dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Walaupun menjadi kewajiban, banyak juga yang merasakan kesulitan dalam melaksanakan ibadah puasa ini, seperti mudah merasa capek dan lemas sepanjang hari.

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisi tubuh tetap bugar saat menjalankan puasa.

1. Mengonsumsi Sahur

Sahur merupakan kunci utama yang bisa mengurangi rasa capek di siang hari saat berpuasa nanti. Melalui sahur, tubuh mendapatkan asupan energi dari makanan dan minuman untuk bertahan di awal hari sebelum berpuasa. Disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi, roti gandum, serta protein seperti telur, daging, atau ikan.

Selain itu, jangan lupa untuk meminum air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya 2-3 gelas untuk mencegah dehidrasi di siang hari. Sahur yang baik adalah yang dikonsumsi 1-2 jam sebelum waktu imsak tiba. Usahakan untuk tidak terlambat sahur karena dapat mengganggu metabolisme tubuh.

BACA JUGA : Ingin Punya Stamina yang Prima Ketika Berpuasa? Berikut 7 Makanan Sahur yang Dapat Menambah Energi Kamu!

2. Membatasi Konsumsi Makanan Berat 

Ketika berbuka puasa, sebagian orang cenderung ingin mengonsumsi banyak makanan untuk mengganjal rasa lapar dan dahaga.

Namun, makan terlalu banyak dan berlebihan apalagi dengan makanan yang berat seperti gorengan justru akan membuat tubuh merasa lemas dan capek. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang ringan dan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, sup, dan menu berbahan dasar karbohidrat kompleks.  

3. Membatasi Kafein dan Gula

Mengonsumsi kafein dan gula berlebih saat berbuka puasa dapat membuat tubuh menjadi capek dengan cepat. Efek kafein dari kopi, teh, dan minuman bersoda memang dapat menghilangkan rasa kantuk sementara.

Namun, ketika efeknya hilang, tubuh justru akan mudah merasa lelah. Begitu juga dengan gula yang dapat menyebabkan penurunan energi secara drastis setelah mengalami kenaikan sesaat.

4. Istirahat Cukup 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: