7 Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa, Cobain Yuk!

7 Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa, Cobain Yuk!

7 Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa-detikFood-google

DISWAY JOGJA - Selain terkenal dengan tempat wisatanya, Semarang juga terkenal dengan wisata kuliner. Sehingga tidak jarang sebagian banyak orang berburu makanan khas kota ini untuk menu buka puasa saat Ramadhan.

Bukan hanya kurma saja yang bisa dijadikan takjil, tetapi makanan khas Kota Semarang ini juga nggak kalah enaknya untuk menu takjil berbuka puasa.

Ada beragam makanan khas Semarang yang menawarkan cita rasa lezat dan bikin nagih, terlebih jika disantap untuk menu berbuka puasa.

Nah, kira-kira ada makanan khas Semarang apa saja nih yang cocok untuk menu berbuka puasa? Simak yuk!

BACA JUGA : Wajib Dicoba! 7 Masakan Khas Ramadhan Dari Berbagai Daerah di Indonesia, Simak Ulasannya Disini

1. Lumpia Semarang

Makanan khas Semarang satu ini telah menjadi ikon Kota Semarang. Pasalnya, Semarang diberi julukan sebagai kota lumpia.

Lumpia semarang ini berisi rebung dan ayam, dengan cita rasa gurih dan manis pada setiap gigitanya cocok untuk pelengkap menu buka puasa.

Lumpia disini dikemas dengan besek atau tempat dari anyaman bambu dan masih menggunakan resep dimana lumpia pertama kali dibuat di Semarang. Kamu bisa menemukan makanan ini di setiap sudut Kota Semarang.

2. Roti Ganjel Rel

Ada yang tau roti ini? Roti yang khas dengan taburan wijen ini terbuat dari tepung tapioka, air nira, santan, gula dan kayu manis sebagai penambah aroma.

Selain bisa disajikan sebagai takjil atau menu buka puasa, roti ganjel rel ini juga menjadi menu wajib acara pawai (dugeran) yang biasa diadakan menjelang bulan puasa.

3. Bandeng Presto

Menu berbuka puasa khas Semarang selanjutnya adalah bandeng presto. Dengan daging yang lebut sampai ke duri-durinya, membuat bandeng presto khas Semarang ini menjadi makanan yang banyak dicari sehingga cocok untuk menu buka puasa.

Selain olahan presto, beberapa olahan bandeng lain yang populer di Semarang yaitu otak-otak bandeng dan bandeng asap.

BACA JUGA : Diet Di Bulan Puasa? Bisa Dong! Yuk Cek Ide Sahur Dan Menu Buka Puasa Yang Lezat, Nikmat, Tapi Rendah Kalori

4. Kue Mochi

Makanan khas Semarang ini memiliki tekstur lembut, manis dan kenyal yang berasal dari adonan tepung ketan. Kue mochi ini menjadi salah satu menu andalan untuk takjil atau sajian saat lebaran.

Kue mochi terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang cincang dan gula, juga ditambah dengan taburan wijen diatasnya untuk menambah kelezatan.

5. Babat Gongso

Babat Gongso merupakan salah satu kuliner khas Kota Semarang yang paling banyak dicari. Makanan ini merupakan kuliner dari olahan daging jeroan yang ditumis dengan bumbu kecap.

Dengan adonan jeroan dan tumisnya yang begitu lezat sehingga membuat makanan ini begitu populer. Jadi, tidak ada salahnya kamu mencicipi makanan khas Kota Semarang yang satu ini untuk menu berbuka puasa.

6. Wingko Babat

Bagi orang Semarang sudah pasti tidak asing lagi dengan wingko babat. Makanan khas berbentuk bulat ini seringkali banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke Kota Semarang.

Wingko babat merupakan salah satu makanan khas Semarang yang terbuat dari adonan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Terdapat berbagai jenis rasa seperti durian, nangka, cokelat, hingga kelapa muda.

7. Tahu Gimbal

Makanan khas Semarang cocok untuk menu buka puasa yang terakhir adalah tahu gimbal. Makanan satu ini hampir sama dengan ketoprak, hanya saja ada tambahan petis dan gimbal yang berasal dari olahan udan didalamnya.

Isian dari tahu gimbal ini terdiri dari tahu goreng, lontong, kol mentah, taoge, telur ceplok atau telur dadar dan gimbal yang di siram dengan bumbu kacang dan campuran petis.

BACA JUGA : Lezat dan Terjangkau? Ini Dia 7 Rekomendasi Tempat Makan Untuk Berbuka Puasa di Semarang!

Itulah beberapa makanan khas Kota Semarang yang lezat dan bikin nagih bisa kamu jadikan pilihan untuk menu berbuka puasa. Selamat menikmati!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: