Wajib Anda Ketahui Hal-hal yang Membatalkan Puasa dan Cara Menghindainya

Wajib Anda Ketahui Hal-hal yang Membatalkan Puasa dan Cara Menghindainya

Wajib Anda Ketahui Hal-hal yang Membatalkan Puasa dan Cara Menghindainya--

Bagi muslimah, haid atau masa nifas juga membatalkan puasa. Wanita tidak berpuasa pada waktu tersebut dan boleh mengqadha setelah haid atau melahirkan.

7. Murtad

Kemurtadan atau meninggalkan Islam juga membatalkan puasa. Artinya, seseorang yang semula beragama Islam secara sadar mengambil keputusan untuk meninggalkan agama tersebut.

BACA JUGA : Berikut 8 Hal yang Meremehkan Keutamaan Puasa, Dalil Hadis dan Penjelasannya

Hindari Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

Untuk menghindari berbuka puasa, penting bagi umat Islam untuk memperhatikan perilakunya selama Ramadhan. Berikut beberapa tips menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

1. Tingkatkan kesadaran

Menjaga kesadaran dan kehati-hatian dalam segala hal yang Anda lakukan selama berpuasa sangatlah penting. Hindari aktivitas apa pun yang dapat membatalkan puasa dengan sengaja.

2. Hindari Situasi yang Merangsang

Menghindari situasi atau lingkungan yang dapat merangsang nafsu makan, seperti berada di sekitar makanan atau minuman yang menggoda, dapat membantu menjaga puasa tetap berjalan.

3. Perkuat iman dan kesabaran

Memperkuat iman dan kesabaran dapat membantu menghindari godaan yang dapat membatalkan puasa. Melakukan beberapa ibadah seperti sholat, dzikir dan membaca Al-Qur'an dapat meningkatkan keimanan dan kesabaran.

4. Doa dan mohon pertolongan kepada Allah

Perlu juga untuk meminta pertolongan dan kekuatan kepada Allah SWT saat berpuasa. Langkah bijaknya adalah dengan memintanya memberikan kekuatan untuk menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Dengan memahami dan menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, umat Islam dapat menjaga keutuhan ibadah puasanya dan mendapat keberkahan hadiah demi Allah SWT. Bermanfaat bagi kita semua untuk mempercepat dengan baik dan benar. Amin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: