Wajib Anda Ketahui Hal-hal yang Membatalkan Puasa dan Cara Menghindainya

Wajib Anda Ketahui Hal-hal yang Membatalkan Puasa dan Cara Menghindainya

Wajib Anda Ketahui Hal-hal yang Membatalkan Puasa dan Cara Menghindainya--

DISWAY JOGJA - Puasa adalah salah satu ibadah terpenting dalam Islam, yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Saat berpuasa, penting bagi umat Islam untuk memahami hal-hal yang dapat membatalkan puasa agar dapat menghindarinya dengan sebaik-baiknya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

1. Makan dan Minum dengan Sengaja

Kunci berbuka puasa adalah dengan sengaja makan atau minum saat berpuasa. Ini termasuk makanan atau minuman yang sengaja dimasukkan ke dalam mulut, baik itu makanan berat atau sekadar kue.

BACA JUGA : Ramadan, Alfamart Bagikan 35.000 Paket Buka Puasa untuk Kaum Duafa di Kabupaten Tegal

2. Hubungan intim Suami Istri

Berhubungan suami istri dengan tujuan seksual saat berpuasa juga dapat membatalkan puasa. Ini termasuk hubungan intim dari saat terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, setelah waktu berbuka, hubungan suami istri diperbolehkan.

3. Tertelan benda asing

Tertelan benda asing secara sengaja seperti batu, paku, atau benda lain juga dapat membatalkan puasa. Sebab, dianggap sebagai pengganti makanan atau minuman.

4. Muntah yang disengaja

muntah yang disengaja, baik dengan menyentuh tenggorokan atau dengan cara lain, juga dapat membatalkan puasa. Namun jika muntahnya tidak disengaja atau tidak disengaja, maka puasanya sah selama tidak disertai dengan hal-hal seperti makanan atau minuman yang dimuntahkan.

5. Hilang Akal

Batalnya puasa bisa juga karena Hilang Akal atau tidak sadar baik karena mabuk atau pengaruh obat-obatan terlarang. Hal ini dikarenakan orang yang tidak sadarkan diri tidak dapat mengontrol perbuatannya dan dapat melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

BACA JUGA : Favorit di Bulan Puasa? Berikut 10 Rekomendasi Menu Takjil Untuk Berbuka Puasa! Simak Yuk

6. Haid atau nifat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: