6 Anjuran Olahraga Saat Puasa Untuk Anda yang Tetap Ingin Produktif

6 Anjuran Olahraga Saat Puasa Untuk Anda yang Tetap Ingin Produktif

Tips Olahraga Saat Puasa--

Terbiasa mengangkat beban 20 kilogram, bisa dikurangi menjadi 5 kilogram. Mengenali keterbatasan dan kemampuan fisik sangat penting dalam menentukan jenis olahraga yang ingin Anda lakukan.

BACA JUGA : Bosan Puasa Biasa Saja? Rasakan Sensasi Berbeda Dengan Berbagai Takjil, Ini Rekomendasi Tempat Ngabuburit

4. Atur frekuensi, durasi, dan intensitas

Tips keempat adalah mengatur frekuensi, durasi, dan intensitas olahraga. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga seperti pada hari biasa yang dapat menyebabkan kelelahan fisik.

Latihan ketahanan biasanya melibatkan faktor intensitas, durasi, dan frekuensi latihan. Ketiganya perlu dipertimbangkan agar Anda dapat meningkatkan kinerja Anda setiap saat. 

Olahraga ketahanan ini dapat meminimalisir efek negatif dari olahraga dengan baik, mulai dari efek kelelahan yang berlebihan, nyeri otot, insomnia, sakit kepala, penurunan kekebalan tubuh, depresi dan lain-lain. 

Kombinasi latihan intensitas rendah dalam durasi yang lama dan diselingi latihan intensitas tinggi, memberikan kekuatan pada tubuh untuk beradaptasi dalam menanggapi stresor olahraga.

5. Pertahankan nutrisi seimbang

Nutrisi bagi tubuh juga perlu diperhatikan saat berpuasa. Jangan banyak mengonsumsi tepung dan makanan berkalori tinggi baik saat subuh maupun Berbuka puasa, karena dapat mempengaruhi hidrasi tubuh dan kebugaran jasmani. Pilih menu Makan yang tepat saat sahur dan berbuka puasa.

BACA JUGA : Sudah Sahur Tapi Masih Lapar di Siang Hari? Tenang, 4 Langkah Ini yang Seharusnya Dilakukan Saat Sahur!

6. Kenali Tubuh Anda Sendiri

Tips terpenting jika ingin tetap berolahraga saat berpuasa adalah mengenal diri sendiri. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, begitu pula kemampuannya.

Atlet profesional seperti pemain Liverpool Mohamed Salah tetap bisa bermain sepak bola meski sedang berpuasa. Hanya saja bagi sebagian orang yang tidak dikategorikan sebagai atlet terlatih, memiliki risiko cedera yang lebih tinggi.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, kita tetap bisa menjaga kebugaran saat berpuasa sekaligus mengurangi risiko cedera.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: