6 Anjuran Olahraga Saat Puasa Untuk Anda yang Tetap Ingin Produktif

6 Anjuran Olahraga Saat Puasa Untuk Anda yang Tetap Ingin Produktif

Tips Olahraga Saat Puasa--

DISWAY JOGJA - Puasa tidak hanya memengaruhi pola makan, tetapi juga memengaruhi aktivitas fisik bagi sebagian orang. Banyak orang memilih untuk mengurangi aktivitas fisik seperti olahraga saat berpuasa, dengan alasan untuk menghindari kelelahan fisik.

Namun meski olahraga saat puasa sering dihindari karena dianggap menguras tenaga, sebenarnya berolahraga saat berpuasa juga sama bermanfaatnya dengan berolahraga seperti biasanya. Tingkat risiko cedera yang ditimbulkan juga relatif sama.

BACA JUGA : Bingung Mau Masak Apa? Simak 6 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Anak Kos: Lebih Hemat, Enak dan Sehat!

"Olahraga pas puasa atau tidak, resikonya sama. Yang membedakan tidak ada asupan air minum, nah jika otot dehidrasi akan lebih mudah mengalami spasme atau ketegangan otot, " kata Dr. Yohanes Toban Layuk Allo, SpOT (K)

"Selain itu, gula yang turun saat puasa juga bisa membuat pusing dan tidak berkonsentrasi, nah itu juga bisa menyebabkan cedera," tambahnya.

Berikut beberapa tips olahraga saat berpuasa untuk menghindari risiko cedera menurut Dr. Toban.

1. Pilih waktu yang tepat

Berolahraga di siang hari saat puasa tidak dianjurkan, selain membuat fisik lebih lelah juga bisa membuat tubuh lebih cepat haus dan lapar akibat kehilangan tenaga.

Pilih waktu yang tepat sesuai dengan kemampuan Anda sendiri. Usahakan berolahraga satu jam sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka puasa.

2. Tidur yang Cukup

Selain memilih waktu yang tepat, waktu tidur yang cukup juga menjadi pertimbangan penting jika ingin berolahraga saat berpuasa.

Menurut Dr Toban, kurang tidur dapat membuat otot menjadi tidak baik, sehingga mempengaruhi konsentrasi dan dapat menyebabkan cedera.

3. Pilih Olahraga Anda dengan bijak

Semua jenis olahraga bisa dilakukan. Hanya saja kamu harus memperhatikan kemampuanmu sendiri. Misalnya, jika Anda terbiasa melakukan lari maraton tetapi sedang berpuasa, Anda hanya bisa lari maraton sejauh 10 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: