Peringati Hari Jadi ke-269, Pemda DIY Adakan Lebih dari 60 Akivitas Kegiatan

Peringati Hari Jadi ke-269, Pemda DIY Adakan Lebih dari 60 Akivitas Kegiatan

Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono saat menjelaskan tentang peringatan hari jadi-DOK.-

DISWAYJOGJA - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyiapkan sekitar lebih dari 60 aktivitas kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-269 DIY 2024. Kegiatan yang berkolaborasi dengan OPD di lingkungan Pemda DIY, kabupaten, kota, maupun kalurahan, tersebut direncanakan digelar sejak awal Maret hingga awal April 2024 mendatang.

“Kita sudah punya list kegiatannya yang akan dilakukan lebih dari 60 aktivitas yang akan berjalan. Tidak hanya berbentuk seremoni, tapi juga bagaimana meningkatkan giat masyarakat yang bisa dimaknai dengan penetapan hari jadi itu. Jadi ekonomi bergulir. Kami mengkolaborasikan semua kegiatan sesuai potensi OPD di DIY, di kabupaten/kota sampai ke level kalurahan,” ungkap Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta saat ditemui pada beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi Jogja, Pejabat Pemda DIY Ziarah Ke Makam Pendiri Mataram

Menurut Beny, peringatan hari jadi ini bukan membuat kegiatan baru. Namun, para OPD dapat saling berkolaborasi dengan berbagai kegiatan potensialnya masing-masing. Misalnya kolaborasi antara Dinas Koperasi dan UKM DIY, Disperindag DIY, Dinas Kebudayaan DIY, dan Dinas Periwisata DIY untuk menggelar pameran bersama dengan menggandeng masyarakat, terutama para pengusaha produk-produk unggulan UMKM, melalui Gebyar UMKM.

Selain itu, Beny menyebutkan, berbagai kegiatan lain yang akan dilakukan dalam mewarnai peringatan Hari Jadi DIY. Misalnya podcast, sosialisasi, wayangan, dan lain sebagainya. 

“Agenda puncaknya malam 13 Maret. Ada potong tumpeng seperti layaknya kita merenung ya. Itu nanti dilakukan bersama-sama secara serentak dengan Pemerintah Kalurahan, Pemerintah Kabupaten/Kota. Terus di tanggal 13 Maret paginya kita melaksanakan upacara. Harapannya di kalurahan-kalurahan nanti ada upacara. Jadi tidak hanya DIY saja provinsi tapi juga sampai ke kalurahan,” ujar Beny.

BACA JUGA:Raperda Hari Jadi DIY Ditetapkan, Wakil Gubernur : Momen Persetujuan Jadi Tonggak Bersejarah

Beny menyampaikan, pada 2024 ini menjadi kali pertama peringatan Hari Jadi DIY. Hal ini sejalan dengan persetujuan bersama oleh DPRD DIY terhadap Raperda tentang Hari Jadi Daerah lstimewa Yogyakarta. Dimana dalam Raperda tersebut menetapkan peristiwa Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat pada hari Kamis Pon, tanggal 29 Jumadil Awal tahun Be 1680, bertepatan dengan tanggal 13 Maret 1755 sebagai Hari Jadi DIY. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: