Estetik! Wisata Terbaru 2024, Pesona Waduk Cacaban Tegal? Misteri Dibalik Pemandangan Alam yang Indah!

Estetik! Wisata Terbaru 2024, Pesona Waduk Cacaban Tegal? Misteri Dibalik Pemandangan Alam yang Indah!

Wisata terbaru 2024 Waduk Cacaban Kabupaten Tegal-Atourin-google

DISWAY JOGJA - Tegal memiliki waduk besar pertama yang dibangun pasca Indonesia merdeka, yaitu Waduk Cacaban yang sekarang dijadikan sebagai objek wisata terbaru 2024 unggulan di Kota Tegal.

Waduk atau Bendungan Cacaban sudah ada sejak tahun 1952, waduk ini memiliki area yang sangat luas yakni hampir 1000 hektar dengan dikelilingi bukit yang dikenal dengan Bukit Teletubis.

Satu di antara objek wisata terbaru 2024 di Kabupaten Tegal ini memiliki beberapa wahana yang bisa dinikmati wisatawan hanya dengan membayar satu kali tiket masuk saja, dan tentunya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

BACA JUGA : Telaga Nirwana? Wisata Terbaru 2024 NTT, Sejuknya Bagaikan Surga Cek Disini!

Jam Buka dan Harga Tiket Waduk Cacaban

Jam buka Waduk Cacaban yaitu mulai pukul 06.00 sampai pukul 21.00 WIB setiap harinya.

Sedangkan, untuk harga tiket masuk wisata terbaru 2024 Waduk Cacaban ini yaitu, untuk orang dewasa pada hari biasa Rp. 4.000 per orang, pada hari libur Rp. 5000 per orang, dan untuk anak-anak pada hari biasa Rp. 3.000 per orang, pada hari libur Rp. 3.000 per orang.

Lokasi dan Jalan Menuju Waduk Cacaban

Lokasi wisata terbaru 2024 ini berada di Desa Penujah, Pedukuhan Brengkok, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal.

Jalan untuk menuju Waduk Cacaban ini cukup menanjak, jadi pastikan kondisi kendaraan kamu yang digunakan dalam keadaan baik dan jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bagi kamu yang berangkat dari Taman Rakyat Slawi (Trasa), kamu hanya akan memakan waktu sekitar 19 menit saja, yaitu dengan menyusuri Jl. Raya Slawi – Pangkah untuk kemudia tiba di Jl. Raya Cacaban.

Daya Tarik Waduk Cacaban

Misteri Waduk Cacaban

Dibalik keindahan wisata terbaru 2024 Waduk Cacaban ini rupanya ada misteri yang mengiringinya. Konon katanya, penunggu bendungan yang diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno ini kerap meminta tumbal.

Dan untuk mencegah dari hal tersebut masyarakat sekitar senantiasa melakukan ritual dengan memotong hewan kerbau, dan mengarak kepalanya berkeliling ke waduk sebelum akhirnya ditenggelamkan.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Pemandian Air Panas Kuningan? Cocok untuk Buat Badan Lebih Rileks!

Tempat Wisata Keluarga di Tegal yang Recommended

Dibalik misterinya, saat ini objek wisata Waduk Cacaban tengah menjadi perbincangan banyak orang. Karena semenjak wisata ini dibuka kembali hampir setiap hari banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin piknik disekitar bendungan.

Terdapat beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan wisatawan. Selain itu juga tersedia area playground yang bisa dimanfaatkan anak-anak untuk bermain sepuasnya.

Keliling Waduk Menggunakan Perahu

Ketika kamu ingin menjelajahi dan menikmati keindahan wisata terbaru 2024 Waduk Cacaban ini, kamu bisa berkeliling waduk dengan menggunakan perahu. Untuk menggunakanya kamu tinggal pergi ke arah dermaga terapung yang ada dibagian bawah.

Kamu tidak perlu khawatir, karena perahu yang ada di sini semuanya sudah memiliki izin operasional perahu atau kapal.

Untuk biaya tiket naik perahunya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 15.000 per orang dengan durasi selama 20 menit sampai 30 menit. Kamu sudah bisa menjelajahi dan menikmati keindahan waduk ini.

Gardu Pandang Viral

Gardu Pandang yang ada di Waduk Cacaban ini adalah spot yang paling favorit dan banyak diburu oleh wisatawan. Ditempat ini selain dapat menyaksikan panorama bendungan, kamu juga bisa meyaksikan keindahan dengan jelas perbukitan yang mengelilingi waduk ini.

Sebenarnya, kehadiran Gardu Pandang ini berfungsi untuk menyaksikan seluruh landscape yang ada di sebuah tempat. Tapi, saat ini Gardu Pandang juga berfungsi sebagai spot foto paling favorit.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Geopark Ciletuh? Tawarkan Sensasi Banyaknya Pemandangan Eksotis, Beragam Permainan Seru!

Sebagai informasi tambahan, hindari datang di siang hari, karena panasnya matahari akan membuat kegiatan eksplore di Waduk Cacaban ini tidak maksimal. Waktu terbaik datang kesini yaitu pada sore hari sembari menikmati keindahan suasana senja.

Itulah sederet informasi mengenai wisata terbaru 2024 Waduk Cacaban, ketika berkunjung ke Tegal jangan lupa mampir ke sini ya!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: