Wisata Terbaru 2024, Grojogan Watu Purbo Tempat Rekreasi yang Memanjakan Mata dan Pikiran

Wisata Terbaru 2024, Grojogan Watu Purbo Tempat Rekreasi yang Memanjakan Mata dan Pikiran

Wisata Terbaru Grojogan Watu Purbo-disway.jogja-instagram.com/merapi_uncover

DISWAY JOGJA - Grojogan Watu Purbo merupakan wisata terbaru 2024 air terjun buatan dengan desain berupa enam tingkat terasering yang semula digunakan untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Merapi.

Wisata terbaru ini sebenarnya merupakan sebuah bendungan (dam) di aliran Kali Krasak dan Kali Bebeng yang berhulu di Gunung Merapi.

Wisata terbaru 2024 Bendungan ini dibangun pada tahun 1975 atas perintah dari Balai Besar Wilayah Sungai berupa Sabo Dam yang bertujuan sebagai kantong lahar untuk menampung material vulkanik agar dampak aliran lahar tidak membahayakan warga di sepanjang Kali Krasak dan Kali Bebeng.

Wisata terbaru ini berlokasi di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Perjalanan menuju lokasi wisata Grojogan Watu Purbo dapat ditempuh dalam waktu 56 menit atau sejauh 22,1 km dari Kota Yogyakarta.

BACA JUGA : Panen Buah Strawberry di Kebun? Wisata Terbaru 2024 Petik Buah di Kebunnya langsung, Dijamin Bikin Happy!-

Agar lebih mudah, pengunjung juga dapat menggunakan bantuan google maps untuk menuju lokasi wisata terbaru 2024 Gunung Purbo.

Setibanya di Dukuh Bangunrejo, pengunjung dimudahkan dengan adanya petunjuk arah menuju lokasi wisata Grojogan Watu Purbo.

Wisata terbaru 2024 Grojokan Sewu Purbo memiliki enam tingkatan air terjun. Sumber air terjun berasal dari Sungai Krasak dan Sungai Bebeng.

Nama Grojogan Watu Purbo muncul setelah Penggerak Kepariwisataan Desa (Pokdarwis) Bangunrejo melihat potensi di wisata ini.

Sejak awal tempat ini sudah berupa grojokan dengan batu-batuan di sisi kanan maupun kiri.

Awalnya, Wisata terbaru 2024 ini dibuat untuk menahan erupsi Gunung Merapi pada tahun 1975. Bentuk awalnya berupa dam atau sabo dengan 6 tingkatan grojogan.

Grojogan merupakan istilah bahasa Jawa berarti air terjun.Kawasan ini merupakan tempat wisata alam dengan air terjun bertingkat yang memesona.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Kebun Bunga? Santerra De Laponte, Cek Fasilitas, Harga dan Ativitas Seru Disana!

Dari  Wisata ini, Gunung Merapai juga dapat terlihat jelas, terutama jika cuaca sedang cerah.

Grojogan Watu Purbo dapat menjadi salah satu agenda wisata Anda selama di Yogakarta.

Tempat wisata terbaru 2024 sempat viral ini cocok untuk Anda yang senang wisata alam dengan pemandangan instagramable. Anda dapat datang bersama keluarga, teman, bahkan seorang  diri.

Masyarakat juga merapikan sejumlah fasilitas untuk memberikan kenyamanan pengunjungyang datang ke tempat wisata terbaru 2024 ini, seperti toilet, pendopo, taman bunga, dan beberapa gazebo.

Debit air akan berkurang hingga 60 persen pada musim kemarau panjang. Karena itu dapat dikatakan, waktu kunjung terbaik ke Grojogan Watu Purbo adalah musim hujan, namun hindari curah hujan yang terlalu lebat.

Sejumlah aktifitas dapat dilakukan di wisata terbaru 2024 Grojogan Watu Purbo. Air terjun dengan enam tingkatan dapat menjadi spot foto yang menarik, salah satunya untuk di pasang media sosial.

BACA JUGA : Pesona Alam Khas Wonosobo? Wisata Terbaru 2024 Agrowisata Tambi, Sensasi Liburan Estetik Hamparan Kebun Teh!

Pengunjung dapat membuat foto dengan berbagai angle, mulai dari tingkatan air terjun, guyuran air dari jembatan, maupun guyuran air dari pinggir kolam.

Gunung Merapi akan terlihat jelas dari Grojokan Watu Purbo. Pemandangan pegunungan yang sejuk dapat diperoleh di wisata ini.

Sejumlah fasilitas disediakan di tempat wisata terbaru 2024 yang kerap digunakan sebagai tepat singgah para pesepeda ini. Tempat wisata terbaru ini telah menyediakan toilet, gazebo, pendopo, dan warung makan.

Wisata terbaru ini buka mulai pukul 06.00 sampai dengan 18.00 jadi pengunjung harus menyesuaikan kedatangannya ke grojogan an ini.

Tidak ada tiket masuk untuk pengunjung yang ingin berwisata di wisata terbaru 2024 Grojogan Watu Purba. Pengunjung hanya dikenai tarif parkir senilai Rp2 ribu untuk sepeda, Rp5 ribu untuk motor, Rp10 ribu untuk mobil, Rp 30 ribu  untuk bus kecil, dan Rp50 ribu bus besar.

Biaya parkir ini untuk durasi waktu selama sehari penuh. Setelah membayar biaya perkir ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Tak perlu menunggu lama langsung saja dateng ke tempat wisata terbaru 2024 grojogan watu purbo ini dan rasakan kesejukan alam yang masih sangat asri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: