Rasakan Air Sebening Kaca? Wisata Terbaru 2024 Umbul Manten, Legenda Dibalik Keindahan Alam!

Rasakan Air Sebening Kaca? Wisata Terbaru 2024 Umbul Manten, Legenda Dibalik Keindahan Alam!

Wisata terbaru 2024 Umbul Manten Klaten-Travelling Indonesia-google

DISWAY JOGJA - Umbul Manten merupakan tempat wisata alam terbaru 2024 berupa mata air. Umbul Manten atau disebut Umbul Temanten ini memiliki kolam yang kecil dengan kedalaman air yang dangkal sehingga aman untuk anak-anak.

Salah satu umbul yang paling indah di Klaten adalah Umbul Manten. Umbul-umbul di Klaten memiliki sumber air yang bersumber langsung dari mata air, sehingga airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Selain itu, wisatawan juga dapat merasakan sensasi pedesaan disekitar yang kental dengan melihat bangunan disana yang berbahan dasar kayu dan berbagai hiasan kayu yang menarik dan terkesan tradisional layaknya rumah-rumah di pedesaan. Dengan begitu, Umbul Manten dijadikan destinasi wisata terbaru 2024 yang menjadi unggulan di Desa Sidowayah, Klaten.

Meskipun berada di dekat dua kolam renang yaitu Umbul Pelem dan Sumber Sari, tetapi wisata alami satu ini tetap ramai dikunjungi sebagai salah satu tempat rekreasi yang seru.

BACA JUGA : 10 Wisata Terbaru 2024 Hits di Pekalongan? Harga Terjangkau dan Nyaman untuk Liburan Bareng Orang Tersayang!

Asal-usul Legenda Umbul Manten

Dari cerita masyarakat, konon katanya pada zaman dahulu ada suami-istri yang baru saja melangsungkan pernikahan. Sebelumnya, orang tua mereka sudah menasihati bahwa selama 40 hari sesudah pernikahan berlangsung pasangan tersebut tidak boleh meninggalkan rumah.

Tetapi larangan itu dilanggar oleh suami-istri tersebut, dan pada akhirnya pasangan itu menghilang begitu saja. Lokasi hilangnya suami-istri tersebut kemudian diberi nama Umbul Temanten yang sampai sekarang dijadikan destinasi wisata terbaru 2024.

Lokasi Umbul Manten

Umbul Manten berada sekitar empat kilometer dari jalur utama Yogyakarta – Solo. Tepatnya berada di Jalan Janti Bonto, Dukuh Kademangan Rt 13 Rw 06 Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Fasilitas Umbul Manten

Fasilitas yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke wisata terbaru 2024 ini diantaranya seperti musholla, kamar ganti, toilet, hingga lahan parkir yang cukup luas.

Tak hanya itu, terdapat banyak warung dengan berbagai macam makanan mulai dari cemilan hingga makanan khas Klaten seperti cenil, nasi pecel, opor bebek, dan lainnya.

Di Umbul Manten ini juga memiliki satu kolam ikan yang dimanfaatkan para wisatawan untuk melakukan terapi dengan cara memasukan kaki ke dalam air.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten

Mungkin adakah dari kamu yang bertanya-tanya berapa harga tiket untuk masuk ke wisata terbaru 2024 Umbul Manten ini?

Kamu tidak perlu khawatir soal harga tiket masuk, karena harga tiket masuk untuk satu orang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000 saja. Gimana, termasuk murah kan?

BACA JUGA : Pesona Situ Patenggang Rancabali? Wisata Terbaru 2024 Bandung, Banyak Spot Instagramable Dijamin Betah!

Daya Tarik Umbul Manten

Ciri khas dari wisata alam terbaru 2024 Umbul Manten ini adalah pohon rindang yang ada disekitar mata air. Sehingga, saat siang hari wisatawan yang berenang tidak akan merasakan kepanasan karena pohon rindang ini yang membuat lebih teduh.

Air yang jernih juga membuat siapapun bisa melihat apa saja yang ada didalam kolam Umbul Manten, seperti bebatuan hingga ikan kecil yang hidup di dalam kolam. Selain jernih, air di Umbul Manten ini rasanya bisa menyegarkan tubuh.

Ketika kamu berkunjung pada sore hari, kamu bisa melihat sunset yang begitu indah dan menakjubkan. Tidak hanya itu, di setiap sudut Umbul Manten suasana dan tempatnya sangat instagramable, sehingga kamu bisa mengabadikan dengan berfoto didalam air dan video lalu membagikannya ke media sosial.

Itulah informasi mengenai tempat wisata terbaru 2024 Umbul Manten yang berlokasi di Klaten. Apabila kamu sedang merencanakan liburan, jangan lupa mampir dan nikmati ke wisata alam ini ya, selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: