Liburan ke Jogja? Wisata Terbaru 2024 Kuliner, Ini 8 Makanan Wajib Dicoba Selain Gudeg!

Liburan ke Jogja? Wisata Terbaru 2024 Kuliner, Ini 8 Makanan Wajib Dicoba Selain Gudeg!

Kulineran di Jogja Yuk, Ini dia 8 Makanan khas di Jogja yang Wajib Anda Cicipi selain Gudeg!--

Bakmi atau mi godhog adalah makanan tradisional yang banyak ditemukan di kawasan Gunungkidul, Jogja. Olahan mi dicampur suwiran ayam kampung rebus ini masih dimasak menggunakan anglo atau tungku lanah liat untuk mempertahankan cita rasa aslinya yang menggugah selera.

6. Sate kere

Jenis sate khas Jogja selanjutnya adalah sate kere dari lemak sapi atau kambing. Disebut kere karena dulu makanan ini diperuntukkan bagi orang-orang kere yang tidak punya uang. Olahan lemak sapi atau kambing ini dibumbui sederhana kemudian dibakar. Bumbu tambahannya bisa memakai kecap yang dicampur saus kacang.

BACA JUGA : Bantul Punya! Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024 yang Memanjakan Lidah, Bikin Ketagihan? Simak Ulasannya

7. Mangut lele

Mangut lele adalah salah satu wisata terbaru 2024 kuliner khas Jogja mangut lele merupakan olahan ikan lele goreng yang dimasak berkuah santan dan rempah, sehingga menghasilkan rasa gurih, agak pedas, serta segar dari aroma daun kemangi. Mangut lele banyak tersebar luas di berbagai warung makan hingga restoran sekitar Jogja, dan cocok dijadikan menu utama.

8. Gudangan

Gudangan adalah makanan yang isiannya terdiri atas sayur-mayur rebus, seperti wortel, kacang panjang, bayam, tauge, kenikir, dan isian tambahan dari koro atau tempe santan.

Sementara bumbunya menggunakan kelapa muda yang ditumbuk halus dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Demikian ulasan wisata terbaru 2024 kuliner khas Jogja selain Gudeg. Nikmati sensasi mengunyah makanan khas di daerah yang punya sejuta pesona ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: