Wisata Kuliner Semarang 2024? Rasakan Sensasi 7 Kuliner Dengan Citarasa Khas Kota Atlas, Cobain Kuy!

Wisata Kuliner Semarang 2024? Rasakan Sensasi 7 Kuliner Dengan Citarasa Khas Kota Atlas, Cobain Kuy!

lumpia semarang--sajiansedap

DISWAY JOGJA - Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, banyak keanekaragaman yang ada di dalamnya. Banyak potensi wisata terbaru 2024 mulai dari budaya, adat istiadat sampai dengan kulinernya.

Liburan ke Semarang belum lengkap rasanya jika belum mencicipi wisata terbaru 2024 kuliner khas Semarang yang kaya akan rasanya. Berikut beberapa makanan khas Semarang yang wajib sobat coba:

1. Tahu Gimbal

Makanan khas Semarang yang wajib kamu coba adalah tahu gimbal. Makanan ini hampir sama dengan gado-gado. Terbuat dari tahu goreng, berbagai sayuran, dan ada tambahan gorengan udang. Semua dipotong kecil-kecil.

Selain itu ada tambahan lontong yang dipotong-potong sebagai bahan utama dari tahu gimbal ini, dan setelah tercampur semua, tahu gimbal disiram dengan kuah kacang yang gurih dan sedap.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Bukit Jerit Kebumen? View nya Mirip Nusa Penida di Bali

2. Soto Semarang

Makanan khas selanjutnya adalah soto semarang, soto ini sedikit berbeda dengan soto pada umumnya. Soto semarang memiliki ciri khas dengan kuah bening dari kaldu ayam kampung yang terasa nikmat dan lezat saat masuk ke mulut.

Wisata terbaru 2024 kuliner khas Soto Semarang, cocok menjadi makanan diwaktu apapun, bisa ketika berkumpul dengan keluarga, teman, maupun pasangan. Makanan khas ini biasa disajikan bersama sate usus, sate kerang, dan sate telur puyuh. Tapi, terkadang gorengan juga menjadi makanan pendamping yang selalu ada.

3. Lumpia

Makanan selanjutnya adalah wisata terbaru 2024 kuliner Lumpia khas Semarang. Makanan yang popular, sampai ada yang memberi julukan pada Kota Semarang adalah kota lumpia. Makanan ini sangat terkenal yang wajib sobat coba jika berkunjung ke kota Semarang. Makanan satu ini berbeda dngan makanan lumpia pada biasanya.

Jika lumpia pada umumnya berisi sayuran dengan campuran mie bihun untuk isinya, sedangkan lumpia ini berisi rebung sebagai isian utamanya. Kadang ada juga yang berisikan ayam atau udang sebagai varian isinya.

BACA JUGA : Cianjur Punya! Curug Citambur, Wisata Terbaru 2024 Pesonanya Estetik, Banyak Spot Instagramable

Makanan ini cocok dihidangkan diberbagai suasana, bisa ketika berkumpul dengan keluarga, teman maupun ketika sedang bersama pasangan. Paling nikmat lagi jika dihidangkan bersama dengan sambal maupun saos, pasti akan menambah cita rasa yang dimiliki oleh makanan ini.

4. Lapis Legit

Makanan selanjutnya yang wajib sobat coba ketika sedang di Seamarang adalah lapis legit. Makanan ini juga disebut dengan spekuk, konon nama ini terinspirasi dari nama kue di Eropa dengan tambahan beraneka macam rempah yang menghasilkan rasa manis pada kuenya.

Resep makanan ini tak jauh berbeda dengan makanan lapis pada umumnya. Hanya saja ada campuran kapulaga dan rempah lainnya.

5. Wingko Babat

Wisata terbaru 2024 makanan khas Semarang selanjutnya adalah wingko babat, merupakan makanan tradisional berbahan kelapa, gula, dan tepung ketan.

Kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Salah satu makanan yang cocok dihidangkan saat berkumpul dengan sanak family sebagai teman saat ngobrol.

BACA JUGA : Gunung Sumbing? Wisata Terbaru 2024 Dengan Spot Pendakian Paling Kece, Banyak Dicari Anak Muda!

6. Tahu Pong

Sangat unik jika mendengar kata pong bagi orang yang belum pernah mendengar kata itu sebelumnya. Merupakan makanan khas Semarang yang wajib sobat cob jika berkunjung ke kota ini.

Tahu ini berbeda dengan  tahu pada umumnya, dengan teksturnya yang empuk dan gurih akan membuat ketagihan bagi yang mencoba makanan ini. Tahu pong biasa disajikan dengan saus kacang.

7. Tahu Petis Semarang

Makanan khas selanjutnya adalah tahu petis. Tahu ini berbeda dengan tahu pong, makanan ini berbahan dasar tahu yang digoreng lalu dibelah tengahnya, dan dicampuri dengan petis.

Memiliki rasa yang manis, pedas, dan asin yang menjadi cita rasa akan keunikan tahu ini. Makanan ini cocok dihidangkan diberbagai suasana.

Nah itulah beberapa deretan wisata terbaru 2024 makanan khas Semarang yang wajib sobat coba saat berkunjung ke kota ibu kota Jawa Tengah ini, ciri khas dengan berbagai rasanya akan menjadi cita rasa sendiri bagi para penikmatnya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: