Mau Memutihkan Kulit Wajah? Hindari 7 Kesalahan Fatal Membuat Kulit Menjadi Rusak? Nomor 6 Bikin Kamu Kaget!

Mau Memutihkan Kulit Wajah? Hindari 7 Kesalahan Fatal Membuat Kulit Menjadi Rusak? Nomor 6 Bikin Kamu Kaget!

Kesalahan Fatal dalam memutihkan kulit wajah--freepik.com

DISWAY JOGJA-Memutihkan kulit wajah adalah impian banyak orang, terutama kaum wanita. Kulit wajah yang cerah dan bersih dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Sayangnya, jika salah langkah dalam memutihkan kulit wajah, maka yang terjadi justru sebaliknya. Kulit wajah malah menjadi rusak.

Berikut ini 7 kesalahan fatal yang sering dilakukan saat memutihkan kulit wajah, yang sebaiknya dihindari:

1. Menggunakan Produk Pemutih Berbahan Kimia Tanpa Anjuran Dokter

Banyak sekali produk pemutih wajah instan yang beredar dipasaran. Produk-produk ini umumnya mengandung bahan-bahan kimia pemutih seperti mercury, hydroquinone, dan steroid.

BACA JUGA : Simak! 7 Cara Alami Memutihkan Kulit: Mudah, Aman dan Sehat Dijamin Kamu Suka!

Penggunaan bahan-bahan ini tanpa pengawasan dokter ahli kulit dapat berbahaya.Bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan efek samping seperti iritasi, alergi, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan produk pemutih instan harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit. 

2. Terlalu Sering Melakukan Peeling Kulit Wajah

Peeling wajah atau chemical peeling adalah tindakan pengaplikasian bahan kimia tertentu pada kulit wajah untuk mengelupas kotoran dan sel kulit mati. Selain wajah, tindakan ini bisa diaplikasikan pada tangan dan leher.

Peeling wajah dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah dan segar. Namun, melakukan peeling terlalu sering justru akan merusak lapisan luar kulit wajah.

Frekuensi peeling yang ideal adalah 1-2 kali dalam seminggu. Jika peeling dilakukan melebihi itu, misalnya 3-4 kali seminggu, maka lapisan luar kulit wajah akan mudah iritasi dan perih.

3. Mengandalkan Produk Pemutih Tanpa Proteksi Tabir Surya  

Saat menggunakan produk pemutih wajah, banyak yang lupa untuk mengenakan tabir surya sebagai proteksi.

Padahal, tabir surya sangat diperlukan saat memutihkan wajah agar kulit tidak justru semakin gelap akibat terbakar sinar UV matahari.

BACA JUGA : Bye-Bye Kulit Kusam! Ini Rekomendasi Lulur Untuk Memutihkan Kulit KUSAM Terbaik di 2024 

Gunakan tabir surya SPF 30 PA++ setiap hari walau tidak keluar rumah. Selalu kenakan tabir surya saat menggunakan produk perawatan pemutih apapun agar kulit wajah terlindungi.

4. Jarang Membersihkan Wajah

Rutinitas pembersihan wajah adalah kunci utama perawatan kulit wajah yang sehat. Jika wajah jarang dibersihkan, maka kotoran serta debu akan menumpuk.

Pori-pori wajah akan tersumbat yang kemudian memicu timbulnya jerawat dan flek hitam. Kulit wajah juga akan terlihat kusam dan gelap jika kotoran menumpuk terus menerus.

BACA JUGA : Bisakah Memutihkan Kulit Wajah Secara Permanen? Simak Tips dan Ulasannya Yuk!

Berdasarkan Healthline dan banyak dermatologis, cuci muka sebaiknya dilakukan dua kali dalam satu hari. Cuci muka ini dilakukan pada pagi hari dan malam hari menggunakan sabun khusus pembersih wajah. 

5. Mencuci Wajah dengan Air Terlalu Panas

Suhu air sangat penting diperhatikan saat mencuci wajah. Air yang terlalu panas justru akan merusak lapisan lipid alami pada kulit wajah. Lapisan ini berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Gunakan air dengan suhu hangat atau dingin untuk membersihkan wajah. Hindari air panas agar nutrisi dan kelembapan alami kulit wajah tetap terjaga.

Suhu air yang paling ideal untuk mencuci muka adalah air hangat atau luke warm.

Memilih suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas tidak akan menghilangkan minyak alami pada wajah sepenuhnya karena suhu yang terlalu panas atau menyusut karena suhu yang terlalu dingin.

6. Menggosok Kulit Wajah Terlalu Keras Saat Mencuci Muka

Cara membersihkan wajah yang salah adalah dengan menggosoknya terlalu kuat dan keras. Hal ini justru akan membuat kulit wajah mudah iritasi dan sensitif.

Saat membersihkan wajah, usahakan hanya menggunakan ujung jari untuk memijat lembut produk pembersih. Hindari menggosok kasar agar lapisan kulit wajah tidak rusak.

7. Tidak Memperhatikan Kandungan Produk Perawatan Kulit

Banyak produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya tanpa disadari oleh pengguna. Misalnya merkuri, paraben, pewarna, dan lainnya. Zat-zat ini dapat merusak kulit wajah.

Selalu periksa dengan cermat kandungan setiap produk perawatan sebelum menggunakannya. Pilih produk dengan kandungan alami yang lembut untuk kulit wajah Anda.

Itulah 7 kesalahan besar yang sebaiknya dihindari dalam memutihkan kulit wajah. Jika tidak berhati-hati, upaya memutihkan kulit wajah dapat berdampak buruk dan merusak kulit.

Konsultasikan jenis perawatan pemutih yang aman bagi Anda ke dokter spesialis kulit. Dengan demikian, impian cerah cantik alami dapat terwujud. Semoga bermanfaat!! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: