3 Pegawai Pemkab Terjebak Hampir Satu Jam di Lift KPT Brebes, Dievakuasi Petugas Damkar

3 Pegawai Pemkab Terjebak Hampir Satu Jam di Lift KPT Brebes, Dievakuasi Petugas Damkar

EVAKUASI - Petugas Damkar Brebes melakukan evakuasi pegawai Pemkab Brebes yang terjebak di lift hampir satu jam. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - 3 pegawai Pemkab Brebes terjebak di dalam lift Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT), Senin, 19 Februari 2024. Mereka terjebak di dalam selama 45 menit dengan kondisi lift berhenti akibat mati listrik. Mereka sempat panik di dalam lift sebelum akhirnya dievakuasi petugas Damkar Brebes.

Dua orang yang terjebak adalah pegawai Dinas Pengelola Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDA-PR) Brebes yang sedang mengikutirapat di lantai 5 KPT Brebes. Sedangkan satu orang lainnya adalah tenaga lepas atau petugas kebersihan. Mereka terjebak saat hendak turun di lantai satu sekitar pukul 11.30 WIB.

BACA JUGA:Reboisasi KPT Brebes, 150 Tanaman Buah dan Akasia Ditanam

Salah satu pegawai terjebak yakni Doni Imam Sampurno. Dia mengatakan, terjebak di dalam lift di antara lantai 4 dan 3 saat turun di gedung KPT. Sebelum terjebak, lift sempat anjlok dan langsung berhenti. Saat terjebak dia mengaku berusaha tenang dan memencet tombol alarm (emergency).

”Saat itu saya langsung telepon (orang) yang masih berada di lantai 5,” kata Doni, usai dievakuasi petugas Damkar Brebes, Senin, 19 Februari 2024.

Sementara itu, Inspektur Komandan Damkar Satpol PP Kabupaten Brebes Sugiarto menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan itu beberapa menit setelah kejadian. Setelah menerima informasi itu, dirinya langsung menuju lokasi kejadian.

BACA JUGA:Teras Gedung KPT Brebes Amblas 10 Cm, Perbaikan Ditaget 2 Pekan

”Setibanya di KPT kami langsung ke lokasi kejadian (lift) di lantai tiga ini memang pintu lift sudah terbuka. Karena memang membutuhkan kunci khusus (dalam membuka lift). Setelah terbuka, kita lakukan pembukaan secara manual karena memang didalamnya ada kunci lagi jadi bisa langsung buka,” lanjutnya.

Sugiarto menambahkan, untuk ketiga korban yang terjebak di dalam lift ini dalam kondisi selamat. Setelah berhasil dievakuasi, ketiganya langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan. ”Ketiganya dalam kondisi sehat. Setelah dievakuasi juga sudah mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis,” tandasnya.

Kepala Bagian Umum Setda Brebes Agus Wahid mengatakan, voltase listrik di KPT naik turun kemungkinan dari cibicel dan saat ini sedang dalam proses perbaikan. ”Hari ini (kemarin) sudah lebih dari 20 kali mati listrik. Saat ini jaringan listrik di KPT sedang distabilkan oleh PLN,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Pemkab Brebes Kucur Modal PDAM Rp15 Miliar Selama 5 Tahun

Dia menyebutkan, tiap bulan ada pemeliharaan dari PLN untuk jaringan listrik di KPT.  ”Sekarang sengaja dimatikan menunggumenunggu. Tadi sempat dibuka paksa untuk evakuasi pegawai yang terjebak. Nanti satu dua hari lift dinyalakan lagi,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: